[IND] 10 Langkah Pertama Menyembuhkan Eksim Akut Secara Natural (Severe Eczema)

Detox

(I will be posting post of my healing steps from Severe Eczema in Indonesian as i found that there are so little information about it in Indonesian. I had to surf all over the net and still find the best blogs/articles in English. Hope these posts could help the people of my country finding a natural healing of Eczema easier.) – For English Version plis click here.

Setelah beberapa waktu saya melakukan penelitian mengenai pemulihan Eksim akut secara natural, sangat sedikit sekali informasi yang saya dapatkan yang berasal dari web Indonesia. Hampir semua informasi yang saya dapatkan dari blog/artikel berbahasa inggris, untuk itu beberapa post kedepan mengenai langkah-langkah pemulihan natural yang saya jalani akan saya post dalam bahasa Indonesia.
Eksim sendiri dari yang saya alami, adalah peringatan dari dalam tubuh bahwa adanya ketidakseimbangan sel imun dan adanya racun dalam tubuh (ketidakseimbangan sel imun jugalah yang membuatnya sulit membedakan mana zat yang baik dan tidak) yang akhirnya signal tersebut di keluarkan melalui sel kulit sebagai reaksi. Dan alasan ini jugalah yang membuat saya bukannya bertambah pulih saat terkena obat dokter bahkan bertambah parah (karena obat-obatan tersebut justru menambah toxic/racun bagi tubuh saya.)

Dan obat-obatan tersebut karena dikonsumsi selalu dalam jangka waktu yang panjang pada akhirnya menyebabkan ketergantungan. Itulah yang menyebabkan kenapa saat berada dibawah pengaruh obat kondisi menjadi baik tapi setelah obat tersebut habis, keadaan justru bertambah parah.

Penggunaan antibiotik, oral steroid bahkan steroid cream dapat menyebabkan yang kita sebut sebagai Red Skin Syndrome. Pada akhirnya eksim bukan lagi sebuah penyakit alergi tapi sebuah penyakit ketergantungan pada obat-obatan.

Dan memulai pemulihan natural ini berarti harus melepas segala jenis obat-obatan kimia yang dikonsumsi. Dan melepas obat-obatan ini, masuk ke proses detox, berarti keadaan anda akan masuk dalam masa-masa terparah selama beberapa waktu sampai semua obat didalam tubuh bersih. Ini yang kita sebut sebagai Topical Steroid Withdrawal.

Selengkapnya mengenai Red Skin Syndrome dan Topical Steroid Withdrawal bisa anda baca di : http://itsan.org

Pada saat saya “kehabisan” antibiotik, kulit saya semakin parah, eksim menyebar, membesar dan menjadi lebih basah dan gatal. Setelah saya “kehabisan” oral steroid yang saya dapatkan dari Rumah Sakit ternama di Penang, Malaysia, keadaan saya 100% lebih parah dari sebelumnya (anda bisa lihat di foto Juni (post sebelumnya) – saya masuk ke masa-masa terberat dan terparah dalam proses sakit saya).

Tapi 1 hal saya bisa yakinkan anda, teruskan program detox Natural Healing ini, karena hasilnya akan jauh berharga dari bebeapa waktu masa-masa terparah ini. Ingat tahun-tahun sembuh kedepan hanya untuk beberapa bulan masa parah sekarang.

Ini adalah 10 langkah PERTAMA yang bisa dilakukan ketika anda mengalami Dermatitis Eksim / Psoriasis yang tak kunjung sembuh dan bahkan selalu bertambah parah jika terkena obat kimia.

1. KUNYIT

turmeric

Kunyit adalah sahabat anda. Kunyit mengandung zat anti-inflammatory / anti infeksi dan bahkan disejajarkan dengan obat seperti Motrin, Hydrocortisone atau Phenylbutazone oleh karena zat anti infeksinya. Ketika eksim mu basah/bernanah, konsumsi kunyit secara rutin.

Anda bisa blender beberapa kunyit dengan campurkan sedikit air dan simpan dikulkas untuk bisa diminum selama beberapa hari. Tuangkan dalam gelas dengan air hangat setiap ingin diminum. Dan diharapkan untuk tidak menambah gula. Gula sangat dilarang terlebih jika pada eksim basah. Karena gula dapat membuat luka sulit kering.

2. MINYAK KELAPA

f1dcc4ad10e0250d0a35c3cdd96f8e56

Eksim selalu diikuti dengan rasa gatal yang luar biasa. Terlebih para penderita Eksim biasanya memiliki kulit yang sangat kering, dan semakin kering kulit akan semakin gatal rasanya.

Ganti cream kimia anda dengan minyak kelapa. Minyak kelapa (Virgin Coconut Oil) bisa anda buat sendiri atau jika tidak ingin repot bisa anda beli di toko seperti Century. Oleskan pada setiap kulit anda termasuk semua luka eksim anda.

Kandungan minyak kelapa selain alami dan tidak berbahaya juga memiliki zat anti-infeksi sehingga bisa membantu meredakan gatal sedikit dan mencegah infeksi. Anda juga bisa meminum minyak kelapa ini 3 sendok 1x sehari untuk menambah sistem imun. Sistem imun yang kuat itulah tujuan utama program detox ini.

3. OMEGA 3

omega-3-fatty-acids

Omega 3 sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, menutrisi kulit, mengurangi infeksi dan melembabkan kulit anda dari dalam hingga keluar. Makanan seperti biji Chia, ikan, dan kacang walnut mengandung omega 3 yang tinggi. Anda juga bisa membeli supplemen Omega 3 jika anda tidak mendapatkan kandungan omega 3 yang cukup dari makanan anda.

4. PERBAIKI SISTEM PENCERNAAN

eatright

Tahukah anda bahwa 80% sistem imun dipengaruhi oleh sistem pencernaan yang baik? Semakin sehat pencernaan anda, semakin sehat pula usus anda. Usus anda adalah organ yang menentukan nutrisi apa saja yang aman untuk dicerna dan racun / alergen apa saja yang harus dibuang.

Jaga usus dan pencernaanmu dengan asupan yang sehat dan pola makan yang benar (mengunyah setiap makanan sampai lumat baru ditelan, jangan minum selagi makan- dan minumlah sedikit dahulu setelah makan lalu setengah jam / sejam kemudian baru minum kembali agar makanan dapat dicerna sempurna sebelum didorong oleh air.)

Makan dengan buru-buru dan tidak benar dapat membuat usus anda bekerja keras dan pada akhirnya membuat imun anda tidak seimbang.

5. GANTI MAKANAN ASAM MENJADI ALKALINE
Ganti makanan yang memproduksi asam / acid dengan makanan anti-inflammatory (anti-infeksi) dan lihat perubahan demi perubahan, pemulihan demi pemulihan pasa kulit anda! Semua proses natural membutuhkan waktu, tapi dengan mengganti makanan acid anda, anda bisa melihat perbedaannya!

Anda bisa browsing untuk makanan acid dan anti-inflammatory / alkaline di internet. Tapi berikut ini adalah tabel asupan makanan yang saya ikuti.  Inilah yang saya sebut dengan Elimination Diet.

ELIMINATION DIET

Semua makanan yang di kolom DIHINDARI adalah semua makanan yang saya eliminasi. Saya hanya makan semua makanan di kolom DIMAKAN selama proses detox saya. Simplenya adalah makanlah makanan yang bersifat Alkaline/Basa dan hindari yang bersifat Acidic/Asam, detail makanan Alkaline dan Acidic bisa klik disini ya.

KATEGORI

DIMAKAN

DIHINDARI

Buah-buahan Buah-buahan segar tanpa pemanis, jus buah segar Jeruk, jus jeruk, stroberi, anggur, pisang, sunkist, jeruk bali
Sayuran Sayuran hijau (sayuran steam, tumis atau panggang), sayuran laut seperti rumput laut, ubi

kentang (kupas bersih dari kulit) – jangan terlalu sering

Jagung, sayuran cream, tomat, kentang, terong dan paprika
Non-Gluten Grains & Starch Beras merah, quinoa (biji gandum), bayam, millet, buckwheat Gluten, Wheat, jagung, jelai, rye (gandum hitam), couscous, oat, barley, ragi
Sayuran Protein Kapri, beans (sayuran kacang : kacang panjang, buncis, dll) Produk kacang kedelai (kecap asin, minyak kedelai, susu kacang kedelai, tempe, tahu, yogurt kedelai)

 

Kacang-kacangan & Biji-bijian Kenari, wijen, biji labu, biji matahari, hazelnut, almon, mete, kacang brazil, tahini Kacang tanah dan selai kacang tanah
Daging & Ikan Ikan segar (cth. Salmon, Tuna, ikan yang ga bersifat gatal spt tenggiri, dll), domba, bebek, ayam kampung dan kalkun, kaldu tulang ayam/sapi Babi (bacon), sapi, ayam negri, sosis, daging potongan, daging kalengan, hot dog, kerang, daging / ikan mentah
Produk Susu Susu beras, Susu almond, susu kelapa – tanpa pemanis buatan Susu sapi dan susu lainnya, keju, krim, yogurt, es krim, krimer, telur
Minyak & lemak Minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen, lemak kacang kenari, labu, biji matahari dan kelapa Mentega, margarin, minyak yang diproses, minyak canola, bumbu salad, mayonaise
Minuman Air kemasan yang difilter, spring water, teh hijau, air putih, teh herbal, air kelapa Alkohol, kopi dan minuman berkafein, minuman bersoda
Bumbu Cuka, semua bumbu-bumbu alami, garam laut (sea salt), cabe kering, coklat murni (cacao) Chocolate (coklat manis), saos tomat, kecap asin, saus BBQ, saus teriyaki, saus dan bumbu kemasan lainnya, terasi
Pemanis Stevia, Xylitol, Coconut Nectar (gula kelapa), buah-buahan, madu murni Gula putih / merah, gula buatan, semua syrup, jus kemasan, agave nectar

6. AIR LEMON

loi-ich-thuc-su-tu-viec-uong-nuoc-chanh-am-vao-buoi-sang

Mulai harimu dengan segelas air hangat bercampur 1/4 atau 1/2 buah lemon peras. Air lemon perasan dengan air hangat disaat 30 menit sebelum sarapan bisa membersihkan organ-organ atau racun dalam tubuh! Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, lemon dapat meningkatkan sistem imun secara drastis, melancarkan pencernaan anda bahkan membantu kulit untuk lebih halus dan bersih. Yay to the lemon!!

Jika anda memiliki riwayat magh, maka disarankan dicoba dahulu dengan 1/4 perasan lemon 30 menit sebelum makan, jika tidak kuat bisa dicoba sekitar sejam setelah makan. Air lemon bisa diminum setiap hari atau 2 hari sekali tergantung kapasitas magh.

7. PREBIOTIK

probiotics

Seperti yang sudah disinggung bahwa pencernaan yang sehat sangat penting bagi imun yang kuat. Dan prebiotik dapat membangun kembali bakteri-bakteri baik dalam usus sehingga membantu memerangi segala jenis penyakit. Prebiotik bisa anda dapatkan di makanan fermentasi atau dalam bentuk suplemen.

Saya menggunakan Nature’s Plus Acidophilus (suplemen prebiotik).

8. SMOOTHIES & JUICES

63

Mulailah mengkonsumsi juice atau smoothies dari buah alami! Dan usahakan untuk mengkonsumsinya tanpa gula ataupun susu. Ingat bahaya kandungan gula pada infeksi anda.

Anda bisa mulai dengan buah alpukat yang terbukti baik untuk imun dan kemudian buah lainnya seperti Melon yang baik untuk eksim, Apel, dll.

Saya mengkonsumsi Air lemon, potongan Melon setiap pagi, dan juice pada sore harinya.

9. GLUTEN FREE

Gluten-Free

Dalam sistem pencernaan kita ada yang disebut dengan jamur Candida. Pada jumlah normal jamur candida ini sama sekali tidak berbahaya. Tetapi konsumsi obat-obatan jangka panjang, membunuh bakteri-bakteri baik dalam tubuh kita, tetapi tidak bisa membunuh jamur candida ini. Pada akhirnya jumlah candida menjadi tidak terkendali! Dan saat obat itu habis, candida ini bereaksi keluar kulit secara tidak terkendali! Itulah yang kita sebut dengan Candidiasis.

Setelah saya melepas steroid, saya menderita candidiasis di area muka, leher dan lainnya.

Candida hidup dari karbohidrat dan ragi yang kita makan. Untuk itu, pada saat terkena candidiasis saya mengurangi karbohidrat saya, dan hanya makan nasi merah. Untuk eksim, tepung (wheat) dan ragi (yeast) sangat terlarang karena dapat memperparah eksim yang ada. Lupakan segala jenis roti, mie, wheat oat yang mengandung tepung atau ragi.

10. HERBAL

2016-11-20

Selama kurang lebih sebulan saya menjalani Elimination Diet dan keadaan saya semakin mengalami pemulihan. Dan dengan bantuan herbal, proses detox nya berjalan sangat cepat! Herbal ini bisa anda dapatkan di Sinshe Franky (referensi dari saya) atau dari sinshe yang terbukti obat herbalnya 🙂

Dengan meminum herbal dari sinshe selama seminggu, semua eksim saya menjadi kering dan rata dengan kulit. Oleh karena proses detox nya yang menjadi lebih cepat, eksim pun semakin cepat pulih. Obat ini hanya obat-obatan herbal China yang dimasak biasa dan diminum 3x sehari, dengan rasa yang sangat pahit obat ini dapat membersihkan organ dalam kita.

1 hal mengenai natural detox bahwa tubuh kita selama memasuki masa detox akan memulihkan organ terpenting dahulu seperti hati, ginjal, paru dll baru setelah itu kulit malah kulit adalah hal terakhir yang dipulihkan untuk itu program detox memakan waktu. Tapi jangan menyerah teruslah berjuang karena hasilnya adalah kesehatan sempurna.

 

Additional : STRESS MANAGEMENT

Inilah langkah yang paling simple tapi juga paling sulit untuk dilakukan. Saya sendiri mengalami masa-masa kelam, disaat semua berkata “jangan stres”, saya menjawab dalam hati “lo aja coba sini jadi gue.” #ups

Tapi 1 hal yang adalah fakta dan tak bisa diubah “STRES MEMBUAT SAKITMU BERTAMBAH PARAH – JAUH!” 

Saya sendiri merasakan kekuatan stres! Disaat stres semua kondisi saya bertambah parah, bukan hanya kulit – tapi tubuh seakan sakit- tidak fit- tidak semangat- tidak nafsu makan.

Saya tahu stres tidak bisa hilang sengan sendiri terlebih saat melihat kulit yang basah bernanah setiap hari, tapi stres bisa dilawan dengan SENGAJA!

Saya ingat saya berdiri didepan sebuah cermin dengan menatap mata saya sendiri saya berkata “saya pasti sembuh! Tuhan pasti sembuhkan! Saya akan punya kulit mulus lagi!” Dan itu membantu karena memang berbicara dengan diri sendiri ternyata membawa dampak pada alam bawah sadar kita, untuk itu JANGAN PERNAH BERKATA NEGATIF PADA DIRI SENDIRI! Lawan si iblis yang berusaha menjatuhkanmu, percayalah Tuhan adalah Bapamu yang tidak akan melupakanmu, dan pikiran jahat / iblis hanya akan mencuri kesembuhanmu yang tiggal sedikit lagi anda dapatkan.

Dan bocoran untuk anda, penampilan anda tak seburuk yang anda pikirkan, biasanya pikiran kita 2x selalu lebih buruk. Dan itu fakta! Jadi ketika anda merasa buruk/cacat, ingat kurangi dosis pikiran anda setengahnya karena yang terlihat oleh orang lain dari anda tidak seburuk yang anda pikirkan!

——-

Jangan menyerah! Saya tahu beratnya, saya tahu setiap hari serasa anda ingin mengakhiri hidup anda – saya mengalami itu semua. Tapi terus berjuang berdoa, karena kalau saya bisa, terlebih anda! Sabar dan bertahan dalam penderitaan singkat ini dan bersiaplah untuk tahun-tahun hidup penuh kesembuhan, bebas gatal, tidak ada lagi rasa malu atau tidak percaya diri, kulit halus dan kehidupan normal.

Itu semua sudah disediakan bagi anda, ayo berjuang bersama dan berdoa pada Tuhan. Saya terlalu yakin dan percaya kesembuhan anda sudah didepan mata!

Let’s get back to the Source of healing!

_______

Baca kesaksian Mujizat Kesembuhan Eksim Akut saya disini.

Silahkan email saya jika ingin bertanya lebih lanjut, saya akan sangat senang sekali membantu Anda dalam apapun yang sedang dihadapi.

Advertisements

219 thoughts on “[IND] 10 Langkah Pertama Menyembuhkan Eksim Akut Secara Natural (Severe Eczema)

  1. kristimonika says:

    Hi kak, boleh minta e-booknya? Email saya: monika_kristi@yahoo.com setelah membaca blog kk, saya jadi termotivasi lagi utk sembuh. Saya jadi diingatkan kembali untuk terus mengandalkan Tuhan, sudah hampir setahun saya terkena eksim dan obat2 dari dokter hanya mengurangi saja. Terima kasih & JBU😊

    Like

  2. Yuly says:

    Anak sy 11th sudah 3.5th eksim..sudah 1mimgu hanya mkn ayam dan daging tp msh merah2…sudah ke dokter ganti2…byknpantangan makanna.apa yg hrs sy lakukan..terima kasih mohon bantuan

    Like

  3. lidya says:

    sis marlisa aku mau ebooknya dong ttg eksim, mmg kambuh2an kalau makan enggak bener dan lagi stress. terima kasih ya. God bless you 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s