[IND] Apa Saja Yang Dibutuhkan Bayi Baru Lahir ?

2016-winter-font-b-baby-b-font-toddler-font-b-boy-b-font-font-b-jumperHalo, moms ! Menyambut kehadiran si kecil adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap moms, dan mempersiapkan kehadirannya terkadang membuat kita kerepotan tapi juga excited alias bersemangat dalam melengkapi segala kebutuhannya. Yaps, berbelanja keperluan bayi bisa jadi sesuatu yang juga ditunggu-tunggu oleh setiap moms, termasuk aku! Setelah usia kandungan telah mencapai 7 bulan alias trimester ketiga, aku pun dengan bersemangat memulai pengalaman perbelanjaan yang hari ini mau aku sharingkan.

Tinggal di daerah Jakarta membuat aku memutuskan untuk melakukan baby shopping di beberapa tempat yaitu (Chubby Baby Shop, Mangga Dua), (Lidos, Mangga Dua), (Bella, Taman Semanan Indah) dan beberapa Online Shop. Chubby Baby Shop dan Lidos Baby Shop keduanya adalah toko yang ramai di kunjungi dan memang memiliki harga yang cukup murah dan barang yang cukup lengkap. Sedangkan beberapa hal yang aku kelupaan beli atau yang lagi habis di sana, aku beli di baby shop dekat rumah yaitu Bella Baby Shop.

Nah ini dia list keperluan baby yang aku persiapkan berikut dengan harga nya (update per. Oktober 2016) — kenapa dimasukkan harga? karena menurut aku ini sangat penting bagi setiap moms yang juga sedang mempersiapkan keperluan baby untuk bisa kemudian menghitung budget yang dibutuhkan :

NO. KATEGORI ITEMS MERK TOKO QTY TOTAL HARGA
1 BATHING Handuk mandi Lidos Baby 2 55,000
2 Washlap Chubby Baby 2 40,000
3 Body Wash & Shampoo Pigeon Chubby Baby 1 49,000
4 Baby Oil Johnson Chubby Baby 1 25,000
5 Baby Hair Lotion Pigeon Chubby Baby 1 26,000
6 Minyak Telon Ny. Menir Chubby Baby 1 24,000
7 Perlak Ondo Chubby Baby 1 65,000
1 CHANGING Kain bedong Libby Chubby Baby Isi 4 130,000
2 Minyak telon Ny. Menir Chubby Baby 1 24,000
3 Kapas Bulat Wellness Chubby Baby 4 Pax 34,000
4 Tissue Basah PURE Chubby Baby 2 Pax 25,000
5 Detergent Baju Sleek Chubby Baby 1 Pax 17,000
1 SLEEPING Baby box Baby Does Chubby Baby 1 900,000
2 Matras (110 x 70) Chubby Baby 1 240,000
3 Selimut Topi Baby Harper @babyharper_shop 1 135,000
1 CLOTHING Baju Kutung (3-6) Libby Chubby Baby 6 Pcs 80,000
2 Baju Panjang (3-6) Libby Chubby Baby 6 Pcs 80,000
3 Sleepsuit (3-6) NEXT Lidos Baby Isi 3 120,000
4 Sarung tangan + kaki Libby Chubby Baby 3 Set 30,000
5 Sepatu Baby Petita Petito @PetitaPetito 1 90,000
6 Topi Miyo Chubby Baby 1 10,000
7 Bib Libby Chubby Baby 1 25,000
8 Gurita Tempel Chubby Baby 6 Pcs 35,000
9 Empeng Dr. Brown blibli.com 1 58,000
1 MEAL Kantong ASI Coloria Chubby Baby 1 Box 70,000
2 Detergent botol PURE Chubby Baby 3 Pax 80,000
3 Sikat botol sponge Pigeon Chubby Baby 1 80,000
1 OTHER Alat sedot ingus Pigeon Chubby Baby 1 75,000
2 Sisir bayi (2 in 1) Pigeon Chubby Baby 1 55,000
3 Gunting kuku bayi Pigeon Chubby Baby 1 125,000
1 MOMMY Breast pad disposable Pigeon Chubby Baby Isi 60 Pcs 85,000
2 Breast pad washable Avent Tokopedia Isi 3 set 35,000
3 Dry Shampoo Batiste Chubby Baby 1 85,000
4 Breast Pump Spectra 9+ Chubby Baby 1 1,635,000

 

  • Untuk mendapatkan harga/pcs/set/pax tinggal dibagi aja ya moms Total Harga dengan QTY

Perlengkapan di atas bisa dibilang baru 80% ya, moms. Ada beberapa hal yang belum aku siapkan karena menurut aku ada yang belum butuh, ada yang nanti akan di belikan oleh pihak keluarga / teman atau karena belum sempet hehe.. Nah ini ada beberapa hal lainnya yang masih perlu aku lengkapi :

  1. Bra Menyusui (which is baru pas di beli kalau udah masuk ke 9 bulan – karena ukuran PD yang masih bisa membesar)
  2. Bantal, Guling dan sarungnya
  3. Bak Mandi
  4. Tas Baby (untuk yang satu ini untungnya akan di berikan gratis oleh pihak RS nanti – jadi aku memutuskan ga usah beli deh — nanti ke RS pakai koper sekalian dengan perlengkapan mommy nya)
  5. Kacamata Jemur (aku memilih pakai handuk aja tutupin biar lebih hemat hehe)
  6. Tee Pee (ini semacam penutup di area kelamin bayi biar pas ganti popok ga nyembur — cuma karena harganya lumayan mahal aku memilih pakai kain atau handuk aja)
  7. Botol ASI
  8. Handuk Kecil
  9. Termos (sudah ada)
  10. Kain gendong
  11. Pampers (untuk pampers, di RS Jakarta pada umumnya menyediakan pampers untuk baby kita selama di RS yang sisanya bisa dibawa pulang – dan berhubung baby cepet banget gede dan beratnya bisa berubah saat lahir jadi aku memilih nanti aja belinya pas uda pulang kerumah dengan ukuran pampers yang udah lebih pasti) – confirmed di RS saya
  12. Botol Susu (sudah ada)
  13. Baby Powder dan Kaos Kaki
  14. Maternity Pad alias pembalut bersalin (Pembalut bersalin juga pada umumnya disediakan oleh RS jadi aku mau coba dulu liat yang diberikan, kalau cocok nanti pulang baru membeli dengan merk yang sama) – confirmed di RS saya
  15. Blue Ice untuk ASI
  16. Gurita Bersalin (Belly Belt)
  17. Sterilizer
  18. Celana baby (mungkin beberapa ada yang ngeh kok ga ada celana, jadi ceritanya aku mau liat dulu ni moms butuh apa ga — karena kan rencana selama 1 bulan baby akan di bedong jadi biasanya cuma pake atasan, pampers dan bedongan. Kalau nanti memang diluar rencana baby ga mau dibedong atau butuh celana, baru deh akan beli di baby shop terdekat.)
  19. Stroller

Nah kira-kira ini yang aku siapkan dan akan siapkan untuk menyambut kedatangan si kecil. Pastinya akan berbeda dari satu mom dan mom lainnya ya. Jika ada yang masih kurang, pls info aja di bagian komen ya moms, takutnya aku pun ada yang masih kelupaan.

Dan ini beberapa tips sederhana dari aku :

  1. BAJU BABY (sebaiknya jangan beli banyak karena pengalaman dengan 2 ponakan, mereka tumbuh dengan cepat, dalam waktu 2 minggu baby biasanya sudah mulai menggendut apalagi sebulan. Jadi aku pun selain belinya cuma pas-pasan juga membeli baju-baju nya yang ukuran 3-6 bulan langsung dan bukan ukuran newborn lagi.)
  2. BREAST PUMP (Ada yang bilang breast pump nanti aja – tapi setelah belajar dari beberapa pengalaman teman, aku memutuskan untuk membelinya sebelum melahirkan. Selain beli, moms bisa juga sewa breast pump di beberapa online shop ya. Hal ini untuk berjaga-jaga sekaligus biar rajin ngepump agar produksi ASInya bisa bertambah. Rencana aku mau mulai ngepump sejak hari ke-2 di RS, selain agar merangsang produksi ASI yang masih sedikit juga untuk mencegah yang namanya penyumbatan dan masitis. Karena ada beberapa teman yang belum beli BP akhirnya pulang RS mengalami hal tersebut hingga harus menjalani operasi PD.)
  3. BABY BOX (Nah ini juga ada yang pro dan kontra. Dan menurut aku ga ada yang salah baik baby tidur di box atau tidur seranjang sama papi maminya. Semua cuma atas dasar pilihan masing-masing orang tuanya. Kenapa aku pilih tidurin baby di box? Sebenarnya untuk pagi-siang-sore hari, baby akan aku tidurin di ranjang agar dekat dengan aku jadi ga repot – cuma untuk malemnya aku memilih menidurkan dia di box karena 1 agar melatih dia dari bayi untuk mandiri biar ga kebiasaan tidur harus bareng papi-mami terus, juga kedua agar tetap ada ruang antara aku dan suami — walaupun baby box nya sebenarnya masih dalam 1 kamar yang sama kok moms jadi oek dikit maminya pasti bangun untuk cek dan susuin hehe)
  4. BERSIH-BERSIH (Seluruh baju dan perlengkapan yang kita beli tentunya perlu di cuci dulu kan moms. Nah aku memutuskan untuk belanja sekaligus cuci semua perlengkapan baby selama di 7 bulan kehamilan ini. 1, emank dasar aku orangnya maunya cepet beres dan 2 makin besar usia kandungan ternyata rasanya makin cape ya moms. Dan untungnya kemarin udah aku selesain sebagian besar bersih-bersihnya karena sekarang bener semakin berasa berat dan gampang cape.)
  5. TIMELINE (Karena aku orangnya sekali lagi maunya cepet beres dan lumayan rewel soal persiapan, aku udah siapin timeline untuk aku dan suami. Jadi aku buatkan tabel kalender yang isinya adalah hal-hal yang harus kita lakukan. Contoh, di Sabtu ini aku udah tandain harus ke sini beli ini atau Minggu ini bersihin atas lemari & jendela. Jadi bukan cuma aku yang harus ikutin timeline, suami juga aku ajak ikutin – apalagi memang butuh bantuan suami kan kemana-mana dan apa-apa sekarang. Kenapa? karena mungkin aku yang parno kali ya – berhubung kita ga tau kapan baby bisa lahir, jadi maunya kalau bisa beres semua biar tenang. Mungkin ini yang dinamakan Nesting Insting which is insting  yang di alami seorang ibu sebelum melahirkan untuk rapih-rapih “kandang“.)
  6. DRY SHAMPOO (Bagi keturunan chinesse pasti paham dimana ibu sehabis melahirkan biasanya dilarang keramas dan keluar rumah selama sebulan dengan alasan tubuh masih lemah dan gampang kena angin. Kalau udah kena angin nanti tuanya akan sakit-sakitan. Nah karena aku juga keturunan chinesse, mami aku udah wanti-wanti juga soal ini. Bayangin donk ga bisa keramas sebulan apa rasanya- makanya aku juga beli yang namanya Dry Shampoo biar walaupun ga keramas, rambut tetap ga lepek, bau and gatal.)

Sekian sharing aku hari ini soal persiapan menyambut kedatangan si kecil yang paling ditunggu-tunggu. Semoga bisa bermanfaat ya, moms. Jika ada masukan dan yang kurang dari list ini mohon dimaklumi dan silahkan berikan tambahan di kolom comment dibawah ini atau email ke aku 🙂

So, semangat para moms yang juga sedang menantikan kehadiran si kecil ! You are the toughest woman !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s