[IND] Mengatasi BAPIL Pada Bayi (BATUK PILEK)

[IND] Pada usianya yang ke 4.5 bulan, eegan akhirnya sakit untuk pertama kalinya dan seperti biasa, sakit yang paling sering di derita para bayi yaitu BAPIL. BAPIL itu mungkin terlihat sepele ya moms, tapi bagi yang uda pernah ngalamin ini pada bayinya pasti tahu betapa susahnya sang bayi saat BAPIL. Kesusahan napas, susah minum susu, susah tidur, rewel dan bahkan baby eegan itu sampe ilang suaranya akibat batuk yang cukup parah. So, kali ini aku pengen share seputar BAPIL eegan, hopefully bisa membantu.

Gejala Awal :

  1. Bersin-bersin lebih sering dari biasanya (namanya bayi kan emank suka bersin ya akibat slem/lendir dihidungnya), tapi pas flu itu eegan bersinnya lebih sering dan selang beberapa hari mulai keluar ingusnya
  2. Rewel banget
  3. Mukanya sumeng
  4. Batuk-batuk (beda dengan batuk tersedak air liur yang cuma sekali sekali — karena di usia yang sekarang ini emang lagi banyak-banyaknya air liurnya)
  5. Nafasnya berbunyi (kayak ada yang mampet)

Kira-kira 2 hari melihat gejala yang ada (salahnya saya adalah belum terlalu ngerti gejala flu pada bayi, bersin-bersin kirain bersin biasa sampe keluar ingusnya baru mikir wah kayaknya pilek nih. alhasil setelah 2 hari seperti itu baru cek ke dokter yang which is uda lebih makin parah dari sebelumnya — next time akan langsung ke dsa saat uda ada gejala awal biar ga keburu jadi bapilnya.)

Obat dari dsa nya eegan :

Ryvel ini semacam obat alergi (anti-histamin) untuk meringankan masalah flu. Ini indikasinya sebenarnya untuk anak usia 2 tahun ke atas, namun diberikan pada bayi dengan dosis yang ditentukan oleh dsanya. (tolong konsultasikan ke dsa masing-masing untuk dosisnya ya). Kalau eegan (4.5 bulan) dosisnya 1 hari sekali sebanyak 0.2 ml, diteteskan ke mulutnya. Tips : teteskan melalui pinggir bibir sebelah kiri agar tidak memicu refleks muntah dan stop setelah flu mendingan

Breathy ini adalah nasal drop dari garam laut jadi aman digunakan untuk bayi. Manfaatnya adalah untuk mengencekan ingus/lendir sehingga akan lebih melegakan untuk sang bayi. Ini sangat berguna ya moms menurut saya. Saya biasa teteskan sehabis mandi / sebelum tidur / pas mampet banget sampai eegan susah tidur. Di tetes 1-2 tetes ke hidung nya baby lalu tunggu sekitar 15-30 menit kemudian saya sedot menggunakan alat sedot hingus bayi.

Mucopect ini obat batuk ya moms. Kalau batuknya ga parah-parah amat, saran saya ga usa pake. Tapi karena eegan batuknya parah banget kemarin, setiap batuk mukanya sampe merah dan suaranya pun ikut ilang dan serak, jadi saya berikan ini. Dosisnya untuk eegan 4x sehari 4 tetes. Tapi saya cuma kasih 2x sehari dan setelah mendingan tinggal dikit batuknya, saya stop penggunaannya. Karena tentu namanya bayi sebaiknya ga terkena obat terlalu banyak agar tidak mengganggu sistem imunnya yang masih berkembang.

Selain ketiga obat ini, yang paling ampuh juga menurut saya adalah jemur matahari. Natural way, gratis, dan ngefek banget ke bayi bapil. Sebisa mungkin selalu jemur bayi setiap ada matahari pas bapil. Saya posisikan eegan tengkurap saat dijemur matahari agar lendir-lendir nya turun dan keluar lewat pup. Selain itu, panas matahari dipercaya bisa membunuh virus-virus bapil. Dan bener aja, dijemur sekali, siangnya langsung mendingan jauh.

Tools :

Ini adalah beberapa tools yang menurut saya berguna banget saat bayi bapil.

Alat sedot ingus in dari Pigeon ya moms, dan ini berguna banget saat bapil. Seperti yang saya info di atas, sebelum saya sedot, saya teteskan Breathy dulu ke hidung eegan, tunggu 15-30 menit trus saya gendong dia dengan posisi berdiri sehingga kepalanya di atas bahu saya kemudian papinya yang sedot. Hasilnya. keluar banyak ingusnya. Dan setiap abis sedot, eegan bobonya lebih nyenyak dan ga mampet. Ini saya lakukan sekitar 3-4 kali sehari.

Pembersih Hidung Oogie Bear. Oogie Bear ini sebenarnya alat pembersih hidung dan kuping bayi, ada 2 ujung, ujung yang kaya sekop itu untuk kotoran kering sedangkan yang berlubang untuk yang basah/lengket. Sebelum eegan bapil saya jarang pakai ini karena menurut saya ini ga bisa ngorek kotoran sampai ke dalem, sementara kotoran hidung dan telinga eegan itu biasanya di dalem. Tapi pas pilek, ini jadi berguna banget dan saya gunakan setiap hari karena banyak kotoran yang lengket akibat ingus yang mengering di sekitaran hidung bagian depan dan tengah.

Note Penting :

  1. Hentikan penggunaan obat once baby uda mendingan (ini info dari dsanya ya moms). Untuk bapil baby memang biasanya lebih lama sembuhnya karena memang pengobatannya itu tanpa antibiotik
  2. Kecilkan suhu AC di malam hari untuk mengurangi hidung mampet pada baby
  3. Posisikan bantal lebih tinggi (asimetris) agar memudahkan baby untuk bernafas
  4. Agar lebih hangat, saya oleskan minyak telon yang di campur dengan irisan bawang merah ke bagian dada, perut dan punggung baby
Advertisements

3 thoughts on “[IND] Mengatasi BAPIL Pada Bayi (BATUK PILEK)

  1. erni albedwawi says:

    Slmt siang mba marlisa..gmn kbrnya ? blh mnta alamat emailnya ? Sy ingin mnta advicenya sehubungan sgn eksim yg sy derita lbh dr setahun..sdh detox tp ttp kambuh..tks sblmnya mba

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s