Sakit Ulu Hati Saat Hamil

D2145035-C144-47FE-9C55-F15424AD481A

Mengingat masa kehamilan, ada satu hal yang sangat penting yang ingin saya bagikan. Yaitu tentang bagaimana madu menyelamatkam kehamilan saya. Selain morning sickness dan excessive saliva, asam lambung adalah hal yang saya alami dan yang paling saya takutkan. Bagi beberapa ibu hamil, mungkin asam lambung is the least expected.

Dikala beberapa ibu hamil merasakan asam lambung saat hamil pada tenggorokan yang panas, saya mengalami asam lambung akut (GERD). Dan saya mengalami ini bukan hanya 1 kali, tetapi hingga 3 kali (1 kali per trimester).

Semua berawal ketika usia kehamilan saya sekitar 3 bulan. Tiba-tiba saya merasakan sakit yang sangat kuat pada pinggul dan ulu hati yang kemudian merambat ke area perut. Sakitnya begitu terasa hingga saya harus meraung menangis kesakitan dan kesulitan untuk bergerak. Ulu hati dan perut saya serasa di pelintir kuat dari dalam. Saya yang menghadapi kehamilan pertama tentu panik, bahkan sempat terlintas akan opsi keguguran, karena sakitnya begitu tak tertahankan.

Dengan panik, suami saya pun menelepon RS untuk masuk ke UGD, namun setelah dikonsultasikan ke bidan lewat telepon maka diinfokan bahwa itu asam lambung dan disarankan membeli obat magh yaitu Polysilane. Efeknya baru terasa sekitar setengah sampai satu jam kemudian saya memuntahkan seluruh isi makanan saya, dan sakitnya langsung menghilang sesaat setelah muntah.

Kedua kali terjadi, saya pun kembali meminum obat yang sama, namun karena efeknya yang cukup lama dan saya sangat tersiksa, suami saya pun mencoba mencari jawabannya di internet dan disarankan untuk menelan 2 sendok makan madu. Pas dirumah saya selalu tersedia madu murni, sehingga saya pun mencobanya. Amazingly 1 menit setelah saya menelan madu, saya langsung memuntahkan semua isi perut saya dan sakitnya disaat itu juga hilang.

Bagi moms yang memiliki komplikasi asam lambung akut seperti yang saya alami, itu biasanya disebabkan oleh makanan yang susah dicerna. Ditambah lagi otot pencernaan kita yang melambat saat hamil sehingga menyebabkan makanan yang sebenarnya mudah tercerna menjadi susah tercerna dan akhirnya menyebabkan asam lambung ini naik. Rasa sakit asam lambung orang biasa menjadi dua kali lipat lebih sakit disaat kita sedang hamil. Contohnya saya yang makan kwetiaw saja pun pada akhirnya membuat asam lambung saya naik.

Untuk itu saran saya, selalu sediakan madu dirumah saat moms sedang hamil. Karena asam lambung ini bisa tiba-tiba saja datang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s