Gejala Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

DCBD7DC5-F3C9-47A5-8CE8-FF2F76F399DA

Say hello to my no-more-toothless-baby! Finally, gigi pertama Eegan tumbuh! Dan lucunya malah atas duluan nih moms. Tapi walaupun numbuhnya baru satu, gejala yang dirasakannya sudah jauh sebelum gigi ini tumbuh dan cukup melelahkan saya.

Gejala tumbuh gigi setiap bayi berbeda-beda ya moms. Dan yang saya share hari ini adalah gejala yang dialami oleh Eegan dan saya (yes saya kebagian lelahnya haha)

  • Rewel
    Ada 1-2 minggu dimana Eegan rewelnya minta ampun. Semua serba salah dan kerjanya nangis melulu. Jadi cukup melelahkan karena almost all the time during the day dia nangis, maunya gendong terus baru tenang.
    Tips : hanya satu mom, sabar :D. Sebisa mungkin alihkan dia dari rasa sakitnya dengan bawa jalan-jalan or main mainan baru.
  • More broken sleep
    Wah ini sih yang paling menguras tenaga, karena sejatinya Eegan emang broken sleeper ya, dan saat tumbuh gigi kemarin jadi lebih oarah. Eegan bisa bangun up to 5 kali hanya untuk nangis ga jelas.
    Tips : Mom bisa memberikan gripe water setiap habis makan dan Oleskan teething gel saat dia terbangun karena sakit.
  • Tidak nafsu makan
    Eegan berubah dari yang lahap jadi tidak nafsu makan. Bahkan pasmau di dudukin di baby chair aja udah nangis lho dia. Trus disuapi paling 5 sendok udah nangis-nangis minta udahan, biskuit kesukaan pun dia ga mau.
    Tips : Again, sabar. Lalu mom bisa oleskan teething gel sebelum makan. It works on us. Kemudian minum gripe water lagi setiap habis makan agar sesi makan berikutnya mendingan.
  • Kesulitan minum susu
    Ini ditandai dengan Eegan yang biasa ditawari dot langsung nyedot susu, ini dis gigit lepas gigit lepas and then nangis. Jadi saya harus kasih dia empeng dulu baru kasih dot susu lagi.
    Tips : Oleskan teething gel sebelum menyusu
  • Air liur berlebihan
    Netes tes tes all the time bahkan saat tidur. Jsdi kalau tidur, Eegan sering buat pulau liur haha.
    Tips : Bib all the time
  • Mengigit jari dan semua yang bisa digigit
    Baik lagi main or lagi makan selalu gigit jari. Nah sekarang giginya uda tumbuh dia ga gigit jari lagi lho! Jadi kalau baby moms gigitin jari, beware, maybe he’s teething.
    Tips : Biarkan mereka mengigit jari dan mainannya atau berikan teether. Tapi pengalaman saya sih, Eegan lebih suka sama jari dan hal-hal yang bukan teethernya haha. Hanya pastikan semua bersih.
  • Separation Anxiety
    Ga bisa ditinggal sedetik pun. Mau cuma bergeser tempat or even untuk ke toulet, dia harus selalu melihat wajah saya. Jadi tak jarang Eegan saya taruh di baby walkernya dan nongkrong depan toilet untuk menemani saya BAK.
    Tips : This will reduce once the teeth come out. Sekarang jadi lebih bisa ditinggal. Jadi enjoy the moment where they only wants you, moms.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s