Bolehkah Ibu Menyusui Minum Kopi?

thumb_1516I am a coffee lover! Tapi saat menyusui, saya jadi harus puasa kopi. Pertanyaannya adalah, pernah cheating ga sih minum kopi? Jawabannya, udah pasti pernah! Saya cheating saat saya kembali ke kantor setelah cuti melahirkan. Di tengah meeting karena menghirup aroma kopi seruangan, saya pun ga tahan dan akhirnya memesan kopi.

Hasilnya, Eegan malam itu bangun beberapa kali dan di subuh dia bangun seger ajak main. And yes sejak saat itu saya rem lagi kopinya. Pertanyaan kedua adalah, boleh ga sih ibu menyusui minum kopi?

Secara medis, boleh ya Moms, tapi dengan batasan yaitu 300 gr/hari atau kurang lebih 1 cangkir per hari. Ini juga alasan saya minum kopi akhirnya karena memang boleh dan saya hanya minum 1 cangkir hari itu. Tapi ternyata memiliki efek juga ke Eegan.

Jadi saya punya beberapa tips untuk Moms pecinta kopi tapi lagi menyusui namun pengen kopi :

  • Saat jadwal menyusui atau pompa Moms masih 2-3 jam sekali, sebisa mungkin hindari dulu kopi atau kalau uda pengen banget bisa coba 1/2 cangkir kopi saja, atau mungkin bisa juga lewat roti berasa kopi
  • Hindari kopi hitam karena kadar kafeinnya lebih tinggi
  • Bisa meminum kopi decaf atau kopi yang sudah dikurangi kadar kafeinnya
  • Saat jadwal menyusui atau pumping Moms sudah di atas 4 jam, maka bisa lebih longgar lagi untuk mengkonsumsi kopi. Karena tubuh akan mencerna kopi dalam 2 jam, jadi saat sesi menyusui atau pumping selanjutnya, kopi sudah tercerna

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s