MPASI Dapat Mengurangi Resiko Sembelit, Kok Bisa ?

thumb_1517Anjuran MPASI dari WHO adalah memulai MPASI bayi dengan menu tunggal selama 14 hari. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah ada reaksi alergi pada bayi. Tentu akan lebih mudah mendeteksi reaksi alergi saat baru memulai MPASI, dimana bayi baru dikenalkan kepada jenis makanan.

Tapi ada beberapa kasus yang membuat beberapa bayi tidak cocok memulai MPASI nya dengan aturan menu tunggal, contohnya Eegan. Memiliki berat badan yang kecil membuat dokter spesialis anaknya menyarankan untuk memulai MPASI dengan menu lengkap yaitu dengan karbohidrat, sayuran, protein nabati dan hewani. Denganmenu lengkap, maka berat badan bayi bisa dikejar lebih cepat.

Hasil dari memulai menu lengkap dalam MPASI Eegan tentu adalah kenaikan berat badan Eegan yang cukup drastis. Dalam 2 bulan, Eegan mengalami kenaikan sebesar 700gr. Dan bagi bayi usia MPASI, ini adalah kenaikan yang cukup besar.

Memulai MPASI dengan menu lengkap juga memiliki keuntungan lain lho, Moms. Yaitu mengurangi resiko sembelit pada bayi MPASI. Karena pada bayi, justru terlalu banyak serat akan menyebabkan sembelit. Sehingga ketika diberikan asupan protein dan lemak, maka ini akan membantu pencernaan bayi dan mencegah sembelit di awal MPASI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s