Jangan Biasakan Bayi Tidur Digendong

IMG_0115Sebelum Eegan lahir, saya telah berkomitmen untuk tidak membiasakan eegan tidur sambil digendong, namun ternyata realitanya berbicara lain. Eegan mengidap dysphagia syndrome yang menyebabkan dirinya sulit menyusu dan ditenangkan. Hal ini memaksa saya harus menggendong eegan setiap kali menidurkan atau menenangkannya.

Bayi yang terbiasa tidur dengan cara digendong otomatis akan sulit tidur lelap saat diletakkan – karena dia merasa tanpa “gendongan”, dia tidak mungkin bisa tidur walaupun sebenarnya bisa. But he hasn’t come to know that, because we have never tried it on, right?!

Hal ini bukan saja menguras tenaga care taker nya dan kita ibunya namun juga cenderung menyulitkan kita saat ingin menidurkannya di dalam mobil atau tempat umum. Dan setelah Eegan lancar minum susu sambil berbaring di usianya 8 bulan, saya putuskan untuk “memaksa” Eegan untuk tidak digendong untuk tidur.

Hasilnya, hanya dibutuhkan satu kali adaptasi dimana Eegan menangis selama setengah jam penuh sebelum akhirnya tertidur. Sesi selanjutnya, Eegan ternyata tak perlu digendong lagi untuk tidur dan bahkan tidak lagi menangis saat ditidurkan di atas ranjang. Disini akhirnya paradigma Eegan bahwa untuk tidur itu harus digendong akhirnya patah. Eegan mulai mengerti bahwa ternyata untuk tidur itu tidak perku digendong juga bisa dan nyaman.

Yang mau saya bagikan adalah efek dari tidur tanpa digendong :

  • Eegan bisa tidur lebih lama dan lelap.
    Kalau dulu hanya sejam paling lama, sekarang eegan bisa tidur selama 2 jam penuh tanpa bangun dan hanya bangun dua kali saat malam untuk menyusu – dari yang sebelumnya setiap 1-2 jam dia akan terbangun minta gendong. Hal ini penting untuk kesehatan bayi, dimana bayi membutuhkan kualitas tidur yang baik untuk pertumbuhannya.
  • Eegan menjadi jauh lebih mudah ditidurkan di dalam mobil maupun tempat umum.
    Tak perlu lagi turun dari mobil dan “menggoyang” hanya untuk menidurkannya sebelum melanjutkan perjalanan kami kembali. Bahkan sekarang ini, eegan hanya perlu dipangku dan diberikan susu dan empeng lalu tidur dengan sendirinya.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s