Perlukah Memberikan Vitamin Untuk Anak Yang Sulit Makan?

IMG_0138Pemberian vitamin menjadi sangat berguna dan dibutuhkan bila memang asupan beberapa vitamin san mineral tidak mencukupi, terutama pada anak dengan berat badan kurang. Dengan memberikan vitamin, maka dapat membantu mencegah anak mengalami kekurangan vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan gejala tertentu.

Suplemen yang tepat akan mampu melengkapi kekurangan zat gizi, menjaga vitalitas tubuh anak, dan menghindari risiko gangguan pertumbuhan. Tetapi orangtua juga perlu memahami kalau suplemen bukanlah pengganti makanan, melainkan tambahan pelengkap bagi asupan nutrisi anak.

Adapun pemilihan vitamin dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pastikan suplemen apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh anak dengan cara berkonsultasi dengan dsa masing-masing
  2. Pilihkah suplemen yang memang khusus diformulasikan untuk anak, bukan suplemen untuk segala jenis usia. Baiknya juga memiliki rasa yang enak dan mudah dikonsumsi.
  3. Pilihlah suplemen yang berdosis kecil. Vitamin larut lemak dalam suplemen tertentu dapat tertimbun di jaringan bila diberikan dalam dosis besar. Konsultasikan dosis yang sesuai dengan anak dengan dsa nya.
  4. Komposisi suplemen harus sesuai dengan standar. Perhatikan pula label manfaat, dosis, cara penyimpanan, dan peringatan pemakaian produk tersebut. Pastikan kalau suplemen tersebut sudah terdaftar di BPOM.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s