EFEK SAMPING UMUM PASCA VAKSIN

IMG_0157Vaksin atau imunisasi adalah tindakan yang dilakukan untuk melindungi anak dari penyakit menular. Biasanya dengan cara menyuntikkan atau meneteskan antibodi akan sebuah virus penyakit kedalam tubuh anak, sehingga sistem kekebalan tubuh anak dapat resistan terhadap penyakit tersebut.

Pemberian “zat asing” kedalam tubuh anak ini tak jarang dapat menimbulkan beberapa efek samping pasca dilakukan vaksin, karena sistem imun anak sedang bekerja mengadaptasikan dirinya dengan zat antobidi tersebut. Berikut ini adalah gejala umum pasca vaksin ya moms :

  • Nyeri atau ruam pada area bekas suntik
  • Demam (berikan ASI pada bayi atau paracetamol jika diperlukan
  • Mual
  • Pusing
  • Hilang nafsu makan

Biasanya dalam menghadapi berbagai efek samping pasca vaksin, anak menjadi sedikit rewel dari biasanya dikarenakan ketidaknyamanan yang dirasakannya. Moms dapat mencoba menenangkannya dan tetap bermain untuk menghiburnya. Efek samping umum ini biasanya tidak berbahaya dan akan pulih sendiri keesokan harinya. Jika ada gejala yang mencurigakan atau panas tidak turun hingga 2×24 jam maka sebaiknya diperiksakan kedokter.

Efek samping yang jarang terjadi dan harus segera dibawa ke dokter adalah kejang-kejang dan timbulnya reaksi alergi pada tubuh anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s