KAPAN HARUS PAPSMEAR?

IMG_0161Papsmear atau yang disebut Pap Test merupakan tes yang dilakukan untuk mengobservasi sel pada bagian serviks wanita untuk melihat ada atau tidak ya sel kanker didalam leher rahim wanita. Prosedur papsmear sendiri dilakukan oleh dokter kandungan (obgyn) dengan cara mengambil sample sel dari dalam leher rahim dengan menggunakan alat papsmear.

Hal ini mungkin menimbulkan ketidaknyamanan namun dari pengalaman pribadi saya sendiri, saya tidak merasakan sakit sama sekali. Salah satu alasan mungkin karena dilakukan dalam waktu 24 minggu pasca lahiran sehingga otot vaginanya masih belum terlalu sensitif akibat proses persalinan. Selain itu juga penting untuk memilih dokter kandungan yang memang ahli dalam bidangnya. Moms bisa mencoba mencari beberapa referensi dokter kandungan dari track record dokter tersebut.

Saya melakukan papsmear di minggu kedua pasca lahiran normal dan saat prosedut dilakukan, tidak terasa sakit sama sekali bahkan saya sendiri tidak sadar saat prosedur tersebut telah selesai. Dokter yang saya kunjungi adalah Dr. Gahrani Chen, Spog yang berpraktek di RS Grha Kedoya, RS Grand Family PIK dan RSIA Family Pluit.

Siapakah yang butuh Papsmear?
Wanita yang telah aktif melakukan hubungan seksual. Papsmear ini dapat diulang setiap 2-3 tahun sekali.

Syarat melakukan Papsmear :

  • Tidak berhubungan seksual 1 hari sebelum tes
  • Tidak sedang dalam siklus haid
  • Relax saat prosedur dijalankan. Tarik nafas panjang saat alat dimasukkan agar tubuh siap dan tidak tegang. Tubuh yang tegang dapat membuat proses papsmear terasa tidak nyaman
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s