5 Perubahan Fisik Pasca Melahirkan

IMG_0171Menjalani proses kehamilan, melahirkan dan menyusui bukan saja membawa perubahan pada hidup saya menjadi seorang ibu namun juga membawa beberapa perubahan fisik saya sebagai seorang wanita. Seluruh perubahan dibawah ini bisa saja dialami oleh beberapa ibu lainnya atau bahkan salah satunya. Setiap wanita tentunya memiliki hormon dan perubahan yang berbeda pasca melahirkan.

  • PAYUDARA
    Perubahan ukuran payudara wanita saat hamil dan menyusui berdampak pada perubahan bentuk payudara setelah menyapih atau menyusui. Biasanya payudara akan sedikit lebih turun dan terasa lunak. Hal ini bisa diatasi dengan rajin berolahraga khususnya gerakan-gerakan mengencangkan payudara atau dengan melakukan perawatan payudara. Selain itu, tingkat sensitifitas payudara juga menurun, hal ini mungkin disebabkan oleh aktivitas menyusui atau memompa yang dilakukan setiap hari.
  • RAMBUT
    Beberapa wanita mengalami kerontokan yang cukup parah pasca melahirkan, termasuk saya. Hal ini bisa disebabkan akibat hormon yang tidak stabil, namun biasanya kerontokan rambut akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.
  • KULIT
    Pasca melahirkan, kulit saya menjadi lebih kering dan tak jarang juga mengalami eksim khususnya di bagian jari tangan. Hal ini mungkin diakibatkan oleh mineral dan vitamin dalam tubuh kita yang tersalur dalam asi untuk si kecil. Belajar dari pengalaman ini, saya sarankan setiap ibu menyusui untuk mengonsumsi suplemen vitamin tambahan agar tubuh tidak kekurangan vitamin dan meminum air mineral yang banyak minimal 3 L sehari agar kelembaban kulit tetap terjaga. Selain itu, beberapa ibu juga mengalami stretchmark di beberapa bagian tubuhnya.
  • BERAT BADAN
    Berat badan pasca melahirkan atau di masa menyusui bisa berbeda pada beberapa wanita. Hal ini bisa disebabkan oleh hormon namun juga dipengaruhi oleh pola makan dan hidup. Ada yang berat badannya menjadi bertambah saat menyusui namun turun saat menyapih atau sebaliknya. Saya termasuk yang sebaliknya, berat badan saya pasca melahirkan dan saat menyusui justru turun dan menjadi lebih kurus dari sebelum hamil namun saat selesai menyusui justru naik dan bertambah.
  • PERUT
    Untuk ibu yang melahirkan dengan proses normal biasanya perut akan sedikit bergelambir, hal ini bisa diatasi dengan olahraga atau perawatan. Sedangkan ibu yang melahirkan sesar biasanya memiliki bekas jahitan pada bagian bawah perut.

Beberapa perubahan fisik ini tentu tidak dapat dihindari atau dicegah. Namun, ada baiknya untuk mengonsumsi beberapa suplemen vitamin pendukung yang telah dikonsultasikan dengan dokter masing-masing, khususnya di masa menyusui, dimana asipan nutrisi dalam tubuh kita banyak tersalurkan ke asi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s