Empeng Juga Ada Manfaatnya

IMG_0174Penggunaan empeng telah menjadi pro kontra di kalangan orang tua. Namun, diantara sekian banyak isu negatif seputar empeng – saya tetap memutuskan memberikan empeng pada eegan karena beberapa alasan.

  • Melatih anak menyedot susu
    Eegan terlahir dengan keadaan tidak bisa menyusu. Untuk seorang bayi bisa menyusu, mereka perlu menguasai beberapa teknik yaitu teknik menyedot sambil bernafas dan menelan. Dan ternyata tidak semua bayi dapat melakukan halnini, termasuk eegan. Momen menyusu sempat menjadi momen yang menakutkam bagi kami sekeluarga. Inilah alasan utama kami memutuskan memberikan empeng pada eegan yaitu sebagai media belajar eegam untuk menguasai teknik menyedot sambil bernafas dan menelan yang diperlukannya untuk menyusu.
  • Sebagai penenang saat rewel
    Saat anak tidak bisa menyusu dengan baik seperti eegan, maka mereka akan cenderung selalu rewel hingga tak jarang membuat orang tuanya menjadi lelah. Empeng sangat membantu saya dalam meredam rewel eegan selama masa itu. Sekarang ini saat eegan telah lancar menyusu, empeng tetap menjadi andalan saya dalam menenangkan eegan saat rewel di luar rumah.
  • Mempermudah anak untuk tidur
    Penggunaan empeng juga mempermudah anak untuk tidur, karena kebiasaan empeng ini memberikan kenyamanan bagi anak, sama halnya seperti gendong.

Penggunaan empeng tentunya akan menimbulkan kebiasaan sehingga diperlukam adaptasi saat pelepasan empeng. Usia yang dianjurkan untuk melepas kebiasaan empeng adalah 2 tahun, sama seperti botol susu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s