Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak

IMG_0172Jam tidur bayi sangatlah penting bagi masa pertumbuhan mereka. Seperti halnya orang dewasa, proses pertumbuhan tulang dan otak berjalan saat kita tertidur, terutama saat kita tertidur nyenyak. Bayi yang tidak dapat tidur nyenyak biasanya juga akan rewel dan kelelahan. Kuncinya hanya ada di tingkat kenyamanan bayi. Saat mereka merasa kenyamanannya hilang, maka biasanya akan sulit bagi mreka untuk tidur lelap.

Biasanya ada banyak faktor yang menyebabkan bayi sulit untuk tidur lelap, diantaranya adalah kebiasaan menggendong (sehingga saat gendongan dilepas maka bayi cenderung merasa tidak nyaman dan terbangun), lapar, kagetan, kondisi tidak nyaman baik itu dari dalam tubuh bayi (kembung, kolik, sakit, hidung tersumbat, dll) atau dari lingkungan (ruangan terlalu dingin / panas, material baju / alas tidur tidak nyaman, suara berisik, ruangan terlalu terang, dll)

Ada beberapa tips sederhana yang moms bisa coba agar si kecil dapat tidur lebih nyenyak :

  • Pastikan kondisi ruangan tidak terlalu dingin / panas
  • Pastikan bayi kenyang sebelum tidur
  • Menidurkan di ruangan yang remang / gelap total (beberapa bayi atau anak lebih suka akan ruangan gelap karena membuat mereka merasa berada di dalam rahim ibu)
  • Jika bayi tidak biasa dengan suara berisik, maka usahakan bayi tidur dalam ruangan yang tenang, demikian sebaliknya ada juga bayi yang lebih nyenyak jika ada suara di sekeliling mereka (moms bisa gunakan aplikasi white noise untuk menciptakan suara di sekeliling bayi)
  • Berikan bahan pakaian yang nyaman dikenakan
  • Belajar dari pengalaman eegan, saat eegan terbiasa tidur digendong maka jam tidur eegan tidak pernah bisa lama. Namun saat eegan telah terbiasa tidur tanpa gendong, malahan tidurnya menjadi jauh lebih nyenyak dan lama
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s