PRO & KONTRA SUNAT BAYI

IMG_0177Sunat sendiri adalah proses pemotongan kulit khitan pada alat vital, jika dulu biasanya dilakukan oleh anak atau orang dewasa, kini sudah boleh dan dapat dilakukan pada bayi bahkan pada bayi yang baru lahir di rumah sakit bersalin atau rumah sakit khitan. Dalam menanggapi sunat bayi ini, ada beberapa lro dan kontra yang muncul, yaitu :

PRO

  • Mengurangi resiko ISK (Infeksi Saluran Kemih) di kemudian hari
  • Sunat pada bayi akan lebih cepat pemulihannya karena bayi belum makan makanan yang menghambat pemulihan dan belum banyak bergerak
  • Tidak terjadi trauma di kemudian hari, karena rasa sakitnya biasanya terlupakan
  • Lebih mudah untuk dibersihkan setiap kali penggantian popok
  • Alat vital lebih bersih

KONTRA

  • Segala tindakan yang mengubah fisik anak secara permanen seharusnya diputuskan oleh si anak sendiri
  • Takut anak sakit & rewel

Sharing sedikit dari pengalaman kami akhirnya memutuskan untuk menyunatkan eegan di hari kedua eegan lahir adalah karena pertimbangan alasan PRO diatas. Untuk alasan kebersihan dan kesehatan, eegan di sunatkam di hari kedua lahir di rumah sakit tempat eegan dilahirkan. Pemulihannya terbilang cepat, hanya butuh 5-7 hari untuk alat vitalnya kering dan normal seperi biasa, pengobatannya pun terbilang sederhana yaitu hanya mengoleskan saleb Garamycin 3 kali sehari.

Efek pada kerewelan pun tidak terasa, karena sunat eegan dijalankan 2 hari setelah dia lahir sehingga saat itu masih lebih banyak dirawat oleh suster bayi di rumah sakit, hari ketiga saat kami pulang kerumah, eegan sudah tidak rewel atau sakit, hanya tinggal merawat bekas luka sunat yang merah membengkak.

Untuk sunat pada bayi perempuan sendiri sebaiknya dikonsultasikan dahulu ke dokter anak nya ya moms, karena pada bayi perempuan, resiko mengalami pendarahan setelah sunat cukup tinggi sehingga biasanya sekarang sudah tidak disarankan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s