BANTU SI SPERMA

IMG_0182Sebagai pasutri yang sedang menunggu kehadiran sang buah hati, saya sempat berfikir, “ternyata ga mudah ya untuk hamil.” Dalam 6 bulan mencoba untuk hamil, akhirnya kami coba menemui dokter kandungan untuk berkonsultasi dan dari sang dokter kami diberitahukan bahwa batas waktu biasanya perlu dilakukan tes infertilitas atau kesuburan adalah setelah 1 tahun menikah dan dengan frekuensi berhubungan intim 3-4 kali dalam seminggu. Beberapa ini adalah tips dari dokter maupun dari kerabat yang mungkin terkesan vulgar namun menurut saya boleh dicoba oleh pasutri yang sedang mengharapkan kedatangan buah hati.

Kunci dari semua program ini tentunya adalah Yang Maha Kuasa, termasuk waktunya. Cepat atau lambat, hamil atau tidak saya percaya semua adalah baik jika kita mencoba mengerti maksud-Nya atas hidup kita. Namun ada beberapa tips sederhana yang bisa dicoba.

  • Frekuensi hubungan intim
    Daya tahan hidup sel telur saat masa subur adalah 2 hari, sedangkan masa hidup sperma adalah 1 hari. Untuk itu, frekuensi yang paling tepat untuk berhubungan intim adalah 2 hari sekali di minggu masa subur, sehingga saat tiba tanggal subur (yang bisa kapan saja dalam minggu subur) baik sperma dan sel telur sama-sama masih hidup dan lebih berkesempatan besar untuk berbuah. Diluar minggu subur, “ya boleh lah main-main biasa aja ga usah terpatok waktu banget” ujar sang dokter.
  • Jangan dicuci
    Mungkin yang satu ini banyak moms dapatkan dari teman sekitar, saya sendiri tidak melakukan research secara medis ya moms akan apakah ini berpengaruh. Jika menurut medis tentu baiknya alat vital sebaiknya dicuci setiap kali berhubungan intim untuk menjaganya bersih dan sehat (15-20 menit setelah berhubungan intim). Tapi didalam masa subur, boleh dicoba untuk membiarkannya lebih lama untuk membiarkan sel sperma waktu menuju ke sel telur sebelum gravitasi kita mencuci menghambat jalannya sel sperma ke sel telur.
  • Bantu si sperma
    Masih soal gravitasi, sel sperma akan berenang menuju sel telur, terkadang kita bisa membantu sel sperma dengan posisi-posisi tertentu. Ini juga biasanya merupakan “cara lama” yaitu dengan posisi kaki diangkat dengan tubuh ditahan diatas bantal selama 15-20 menit setiap kali selesai berhubungan. Dengan ini, gravitasi akan membantu sel sperma untuk turun menuju rahim.
  • Asupan sehat dan asam folat
    Asam folat bukan hanya baik dikonsumsi oleh ibu hamil namun juga untuk yang persiapan hamil. Disarankan untuk mengonsumsi asam folat 3 bulan sebelum program hamil dijalankan. Termasuk makan sehat untuk menjaga hormon dan sistem reproduksi yang sehat.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s