PENANGANAN BIBIR BENGKAK PASCA TERJATUH

IMG_4923Eegan yang memasuki masa aktif berjalan dan berlari sudah beberapa kali terjatuh namun kemarin untuk pertama kalinya eegan terjatuh hingga bibir dan gusinya berdarah dan bengkak alias “jontor”. Beberapa tips penanganan yang kami lakukan setelah didiskusikan dengan dsa nya adalah sbb :

  • Kompres es batu / makan es krim
    Bengkak yang terjadi pada bayi atau anak biasanya dapat kempes ketika dikompres es batu. Sehingga sebagai pertolongan pertama, moms bisa mengompres area yang bengkak dengan es batu. Jika yang bengkak atau luka ada dibagian dalam mulut, moms bisa mencoba memberikan es krim sebagai gantinya (untuk anak 12+)
  • Pemberian madu
    Madu juga dapat moms gunakan sebagai obat luka dan bengkak di area mulut terutama jika luka dan bengkak masih tergolong ringan-sedang. Pilihan lainnya adalah teething gel yang mengandung madu didalamnya, contohnya Dentinox.
  • Memberikan obat Kenalog in Ora Base
    Kenalog merupakan obat sariawan dan luka bayi dan anak untuk area rongga mulut. Obat ini aman jika tertelan ya moms, dan bisa dioleskan tipis 2-3 kali sehari untuk meredakan nyeri dan membantu mengatasi lukanya. Namun perlu diperhatikan bahwa Kenalog ini memiliki komponen steroid didalamnya sehingga lebih baik digunakan sesuai dosis anjuran dan jangan berlebihan.
  • Memberikam paracetamol
    Moms bisa memberikan paracetamol seperti Panadol Anak atau Tempra untuk membantu meredakan rasa nyeri pada luka. Hal ini daoat membantu anak untuk tidur lebih nyenyak dan tidak rewel akibat nyeri.

Efek yang dirasakan pasca terjatuh adalah eegan lebih rewel dari biasanya dan lebih susah makan di hari pertama jatuh, mungkin karena nyeri yang dirasakan. Namun karena reaksi Kenalog yang cukup cepat, bengkak pada bibir eegan sudah kempes di hari kedua dan sudah normal dalam hal makan dan bermain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s