TIPS LEPAS EMPENG SEBELUM 2 TAHUN

IMG_0199Ada satu momen penting sebelum usia eegan beranjak 15 bulan, yaitu proses lepas empeng! Flash back sedikit kenaoa eegan dipakaikan empeng adalah sebagai media eegan latihan menyedot susu karena eegan termasuk rare case yang terlahir tidak mengerti caranya menyusu (Disphagia Syndrome), sehingga empeng came to rescue. Eegan sendiri telah nempel empeng sejak usia 1 bulan, dan sebenarnya rencana dilepas saat usianya 24 bulan.

  • Berikan alasan melepas empeng
    Jika eegan, dimulai dari papinya yang berpura-pura membuang empeng eegan saat dia menjatuhkannya (padahal awalnya cuma bercanda dan empengnya tidak dibuang, namun saya pikir why not sekalian aja deh coba lepas empeng). Sehingga saat kita melakukan “pemaksaan” lepas empeng, paling tidak dia paham dan bisa teringat kenaoa empeng tersebut tidak diberikan. Bisa juga dengan moms ajak buang bersama atau terbangkan dengan balon helium (padahal rencana saya tadinya menggunakan balon biar lucu haha)
  • Lebih mudah jika tidur siang anak sudah 1 kali sehari
    Karena eegan banyakan menggunakan empeng hanya setiap kali tidur, sehingga tentu “drama” nya akan jauh lebih sedikit saat anak tidur siangnya hanya sekali sehari dibanding yang masih 2-3 kali sehari. At least penyesuaiannya setiap hari hanya 2 kali yaitu saat tidur siang dan malam
  • Memberikan penenang lain yang lebih aman
    Empeng bagi anak empeng itu ibarat obat penenang mereka. Saat mereka nangis, mau tidur, butuh penenang, nah empenglah yang sanggup mengatasinya. Jadi saat kita mengambil penenag itu tentu akan ada penyesuaian, tentu mereka awalnya pasti “tidak tenang”. Untuk itu kita perlu agak sedikit mengalah sedikit dan berikan penenang lain yang at least tidak akan sesuah empeng lepasnya. Kalau yang saya berikan adalah dengan pok-pokan dan nyanyian. Kalau lagi nangis banget tengah malam saya compromise dengan berikan susu, And somehow it works.

Proses eegan lepas empeng :

  • Tidur siang pertama tanpa empeng
    Respon eegan adalah menangis sambil berteriak selama 30 menit penuh, menidurkan eegan hang tadinya hanya perlu 15-30 menit menjadi 1.5 jam. Namun yang saya lakukan adalah tetap “pok-pok” , menyanyi dan gendong tenangin sedikit hingga akhirnya eegan tidur kelelahan.
  • Malam pertama tanpa empeng
    Tidak lagi menangis minta empeng saat ditidurkan. Namun bangun beberapa kali di tengah malam (karena juga sedang tumbuh gigi)
  • Tidur siang kedua tanpa empeng
    Lancar. Tidak menangis minta empeng sama sekali seperti hari sebelumnyaan tidur selama 2 jam penuh
  • Tidur malam kedua tanpa empeng
    Lancar. Tanpa menangis sama sekali. Bangun hanya untuk susu dan akibat proses tumbuh gigi tanpa meminta empeng

Jadi total penyesuaian eegan termasuk cepat hanya 1 kali sesi tidur dan sudah bisa tidur tanpa empeng. Untuk waktu peyesuaian biasa bisa beragam ya moms, biasanya 3-7 hari maksimal. Dan semakin kecil mereka justru semakin mudah lupa dan menyesuaikan diri.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s