OVERDOSIS STEROID MEMBAHAYAKAN ANAK

IMG_0202Menghadapi ruam kulit pada anak tentu seringkali membuat kita sebagai orang tua merasa khawatir. Apalagi jika ruam tersebut menimbulkan rasa gatal, atau nyeri hingga mengganggu aktivitas anak. Sebagai orang tua, rasanya apapun ingin kita coba dan beli asal gejala iritasi tersebut dapat pulih. Baik itu eksim, alergi atau ruam apapun, sebaiknya moms mulai memperhatikan produk yang moms dapatkan apakah mengandung steroid atau tidak.

Kandungan steroid pada obat kulit memang difungsikan sebagai pereda infeksi, gatal maupun ruam pada kulit. Namun, dalam penggunaannya haruslah dengan perhatian dan kontrol yang ketat. Ada dosis dan jangka waktu yang tidak boleh dilanggar. Disinilah seringkali kita lalai, melihat kondisi iritasi anak tak jarang membuat kita berlebihan dalam mempaparkan steroid, dan hal ini dapat berakibat fatal.

Penyalahgunaan steroid baik dalam bentuk krim atau oral dapat membuat tubuh anak menjadi resistan terhadapnya yang akhirnya menimbulkan kecanduan yang jika tidak dipenuhi maka akan menimbulkan iritasi kulit yang semakin menjadi.

Jika kondisi eksim atau alergi anak terbilang ringan, coba gunakan dulu baby care cream biasa. Namun, jika sudah cukup larah, moms bisa mencoba beberapa produk penanganan eksim yang bebas steroid (contohnya Laroche Posay Lipikar Baume Ap+ atau Hopes Relief).

Atau jika harus diberikan steroid, maka Moms juga dapat konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan anjuran dosisi penggunaan steroid yang sesuai. Dengan catatan bawah semua steroid tidak diperuntukkan untuk pemakaian jangka panjang dan tidak dalam jumlah yang banyak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s