KEBANYAKAN SUSU MALAH JADI GTM

IMG_0287GTM atau gerakan tutup mulut telah menjadi masalah dalam momen MPASI kebanyakan anak. Alasan GTM sendiri beraneka ragam ya moms, bisa karena bosan, sedang tumbuh gigi atau bahkan karena tidak suka akan rasa makanannya. Kalau saya bilang, hanya eegan dan Tuhan yang taulah kenapa sih ga mau makan. Tapi sometimes sebagai seorang mama, kita tetap diberikan insting dan kepekaan dalam menghadapinya.

Nah salah satu alasan GTM yang lain yang seringkali kita abaikan adalah kebanyakan susu! Sebelum memulai MPASI, dsa eegan telah mewanti saya untuk jangan mensubsitusi makanan dengan susu saat dia tak mau makan. Alih-alih ganti susu, coba biarkan sedikit lapar dulu agar anak mengerti arti lapar dan konsep makan. Kebiasaan kita yang sering memberikan susu karena takut anak lapar justru bagi dsa adalah penyebab anak tidak mau makan.

Alasannya karena :

  • Saat anak kebanyakan susu, hasilnya adalah anak kenyang dan tidak nafsu makan
  • Susu menghambat penyerapan zat besi
  • Anak terbiasa menyusu dan akhirnya malas makan

Solusinya adalah antara mengurangi porsi menyusu atau frekuensi menyusu. Saat saya tanyakan apakah menyusu 2-3 kali sehari untuk usia eegan 12+ itu cukup atau tidak, saya dijawab dengan pernyataan bahwa bahkan hanya 1 kali susu selama sehari
pun cukup. Lebih banyak makan justru lebih baik.

Hal ini saya terapkan di Eegan. Jadi sekarang di usianya 16+ Eegan 2-3 kali sehari menyusu. Pagi hari saat tidur siang, malam hari sebelum tidur dan subuh saat dia masih terbangun sekali untuk susu. Efeknya memang terlihat ya moms, eegan jadi lebih banyak makan dibanding sebelumnya saat masih 4-5 kali susu/hari. Sekarang jika lapar, eegan akan jalan ke meja makan dan minta makan. Nah cara ini mungkin bisa moms coba, tapi tetap coba sesuaikan dengan sikon masing-masing ya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s