MENGUCEK MATA BUKAN SELALU TANDA BAYI MENGANTUK

IMG_0290Aktivitas anak bermain dengan sendirinya biasanya selalu menggemaskan, termasuk saat mereka mengucek mata. Salah satu pikiran kita saat anak mengucek mata adalah bahwa mereka mengantuk, namun seringkali juga kita salah, terbukti dari saat ingin menidurkannya malah anak menolak tidur. Hal ini mungkin karena alasan mereka mengucek mata bukanlah karena mengantuk.

  • MENGANTUK
    Mengantuk biasanya menjadi alasan yang paling sering anak mengucek matanya. Hal ini disebabkan karena matanyabyang lelah, sehingga secara reflek anak akan mengucek untuk merilekskan kedua matanya.
  • MATA KERING
    Mata kaering pada bayi biasanya bisa terjadi karena dehidrasi atau berada di ruangan ber-AC terlalu lama. Berikan cairan untuk menghindari bayi dari dehidrasi, seperti susu atau air putih (jika sudah MPASI).
  • MENGENAL DIRINYA
    Seringkali bayi yang baru saja mulai mengenal sekitar akan menggunakan motorik tangannya untuk meraih benda-bedan sekitar termasuk dirinya sendiri.
  • STIMULASI BERLEBIHAN
    Stimulasi yang berlebihan juga dapat membuat mata bayi cepat lelah contohnya paparan sinar lampu atau gadget yang berlebihan.
  • ADA SESUATU DI MATA BAYI
    Sesuatu seperti debu, kotoran, bahkan bulu mata bayi bisa masuk kedalam matanya yang belum terkoordinasi dengan baik dengan mudah.

Hindari bayi dari mengucek mata secara berlebihan untuk menghindari cidera mata karena ketidaksadaran bayi saat mengucek. Pastikan kuku bayi pendek dan bersih agar tidak menciderai matanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s