LAPISAN PUTIH PADA BAYI BARU LAHIR, AKIBAT KOTOR?

IMG_0298Lapisan putih susu yang seringkali menempel di kulit bayi baru lahir di anggap disebabkan oleh air ketuban / makanan ibu nya yang kotor. Benarkah? Lapisan putih pada kulit ini disebut Vernix, moms. Vernix caseosa adalah sejenis substansi lemak yang menyerupai keju. Zat ini berasal dari kalenjar minyak bayi dan terdiri dari sel minyak serta sel kulit yang telah mengelupas. Zat ini menutupi janin selama tiga bulan terakhir. (Wikipedia)

Tahukah moms? Bahwa Vernix inilah yang melindungi kulit janin selama berada di dalam air ketuban hingga saat kelahiran, sehingga kulit bayi tidak berkerut parah tapi tetap lembut? Coba bayangkan kita yang berendam beberapa jam dalam kolam renang saja dapat membuat jari berkerut dan mengembang, bagaimana dengan bayi yang harus direndam selama kurleb 40 minggu?

Vernix ini akan semakin berkurang saat mendekati hari kelahiran, namun biasanya saat lahir, vernix tetap masih tersisa pada kulit bayi. Dan bermanfaat sebagai anti infeksi dan pelindung kulit bayi saat dia terlahir dan harus beradaptasi dengan lingkungan baru seperti udara AC, sinar lampu, dan lain-lain. Disarankan untuk tidak memandikan bayi baru lahir minimal 6 jam agar bayi tetap mendapatkan manfaat vernix saat baru lahir dan selama beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Namun biasanya, hal ini akan disesuaikan dengan pihak Rumah Sakit. Karena vernix sendiri sangat sulit untuk dibersihkan.

Selain itu, vernix juga berfungsi sebagai selimut bayi dan menjaga suhu tubuhnya. Dan tidak semua bayi dapat lahir dengan vernix. Biasanya hanya bayi yang lahir dengan proses persalinan normal yang masih memiliki vernix saat dilahirkan. Sedangkan pada proses sesar, vernix biasanya hilang karena proses pembedahan sehingga dokter biasanya akan lebih memonitor bayi agar bayi tidak kehilangan suhu panas tubuhnya dan bayi otomatis akan lebih rentan akan bakteri diudara tanpa vernix. Namun tidak perlu khawatir, moms, tanpa vernix bukan berarti bayi akan mengalami infeksi bakteri.

Selain baik untuk bayi, vernix juga sangat baik bagi sang ibu. Vernix dapat melindungi ibu selama proses melahirkan karena vernix mengandung nutrisi, antioksidan dan anti bakteri yang melindungi area vagina dari infeksi akibat terbuka dan terpapar selama proses persalinan. Vernix sendiri memiliki bau seperti ibu, sehingga dapat membuat bayi lebih tenang selama proses kelahiran sebelum akhirnya mendapatkan kontak kulit dengan ibu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s