NAFAS TIDAK TERATUR DAN NYERI DADA, KENALI GEJALA MVP

IMG_0301Jika moms seperti saya, memiliki beberapa gejala seperti nafas pendek, ritme bernafas dan detak jantung tidak teratur, nyeri pada bagian dada yang tidak akut, atau sering pusing dan kelelahan, mungkin moms juga mengalami MVP atau Mitral Valve Prolapse.

MVP adalah adanya “kelainan” pada katup jantung, dimana katup menebal dan menyembul kembali kedalam atrium. Terkadang MVP menyebabkan darah masuk kembali ke dalam atrium dari ventrikel. Namun MVP sendiri tidak mematikan dan biasanya tidak memerlukan pengobatan atau tindakan khusus.

MVP bersifat umum dan lebih banyak dialami oleh wanita. Penyebabnya sendiri bisa dari faktor genetik, adanya skoliosis, sindrom marfan, dindrom ehlers-danios, anomali ebstein, distrofi otot, atau penyakit graves.

Pertama kali saya memeriksakan gejala ini adalah ketika saya merasakan sesah nafas ringan, nyeri dada yang diikuti dengan keringat dingin. Tes yang dilakukan oleh dokter spesialis jantung sendiri adalah X-Ray, CT Scan, Electrocardiogram (ECG), dan MRI jantung. Semua tes hanya bersifat mengecek ritme detak jantung, melihat kinerja jantung dan katupnya.

Hasil yang didapatkan adalah MVP namun tidak diperlukan tindakan atau pengobatan khusus. Karena memang hal ini seperti kata dokter adalah pada umumnya bawaan (kasus saya mungkin disebabkan karena history skoliosis yang saya miliki), jika ada yang hidungnya mancung dan pesek, maka jantung pun ada yang ini dan itu. Jadi jika moms merasakan beberapa gejala di atas, ada baiknya untuk di tes dan konsultasikan ke dokter spesialis jantung. Karena biasanya jika tidak ada gejala akut, beberapa orang enggan untuk memeriksakannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s