MEMBUKA REKENING TABUNGAN ANAK

IMG_0305Saat memiliki anak, biasanya kita orang tua semakin peduli dengan tabungan masa depan. Ada anggaran bulanan baru yang biasanya kita mulai sisihkan, yaitu anggaran pendidikan anak di masa depan. Bagaimana tidak, biaya pendidikam sekarang ini terus meningkat dan bahkan sudah sangat tinggi jika kita mengincar pendidikan internasional.

Pendidikan anak sendiri telah berkembang pesat, hari ini banyak kita temui tempat pendidikan untuk anak dibawah usia 2 tahun, mulai dari kelas bayi hingga kelas-kelas montessori, untuk itu tidak heran jika orang tua tak jarang milai memisahkan anggaran anak dan operasional keluarga, salah satunya dengan tabungan anak. Beberapa bank di Indonesia sendiri sudah menyediakan tabungan khusus anak. Apa sih bedanya?

Tabungan anak ini biasanya dibuat dan bahkan diprogram dari pemerintah untuk membantu kita menabungkan dana untuk anak. Jika dengan tabungan biasa kita dapat menarik dana sesuka hati, maka dengan tabungan anak biasanya akan dipersulit langkah penarikannya. Hal ini dimaksudkan agar sebelum kita memutuskan untuk menggunakan dana tabungan anak kita, kita menjadi lebih berhati-hati.

Contohnya di salah satu bank swasta di Indonesia yang saya tanyai, tabungan anak disini di batasi jumlah pengeluaran bebasnya sebanyak 4x dalam sebulan, lebih dari 4x maka akan dikenakan charge tambahan sebesar Rp. 2.500,- dalam setiap kali transaksi keluar. Penggunaan tabungan anak juga tidak dapat diakses di internet banking melainkan harus melalui ATM atau Teller. Selain itu, kartu ATM tabungan anak juga tidak dapat digunakan untuk debit belanja, wow jadi jelas ya moms kita tidak bisa sembarangan menggunakan tabungan anak ini.

Keuntungan membuka tabungan anak sendiri adalah selain kita terbantu dalam hal tidak kebablasan mengeluarkan dana, juga nilai suku bunganya yang lebih tinggi dibanding tabungan biasa. Jika pada tabungan biasa butuh dana kurang lebih 100.000.000 untuk mendapatkan suku bunga 1% maka pada tabungan anak, hanya dengan dana 1.000.000 kita sudah bisa menikmati suku bunga 1%. Selain itu, untuk membuka tabungan anak, saldo awal yang dipatok oleh bank tersebut hanya senilai Rp. 20.000,-

Adapun kelengkapan suratvyang perlu mbawa serta ke Bank untuk lembukaan rekening anak adalah data diri orang tua berupa KTP, NPWP jika ada, Akta Lahir anak ASLI, dan Kartu Keluarga ASLI.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s