TIPS HEMAT BERBELANJA DI BULAN RAMADHAN

IMG_0303Memasuki bulan ramadhan, biasanya namanya ibu pasti deh nambah list belanjany? Mulai dari persiapan sahur dan berbuka, jajanan buka puasa hingga persiapan hari raya. Persiapan hari raya sendiri butuh anggaran sendiri ya bu ibu? Mulai dari pakaian hari raya, anggaran berlibur, belum lagi keperluan bersih-rumah dimana jaman sekarang banyak sekali jasa bersih-bersih yang bisa kita gunakan.

Biar biaya ga membengkak dalam 1 bulan ini, saya mau share beberapa tips yang mungkin bisa moms coba :

  • Prioritaskan kebutuhan, nomor duakan keinginan
    Setelah kebutuhan semua tercover, sisanya tentu bisa kita belanjakan untuk keinginan. Apa aja sih yang dikelompokkan dalam kebutuhan? Nah ini bisa berbeda-beda setiap keluarga, tentunya makanan, sajian hari raya nanti, anggaran bersih-bersih rumah jika rumah menjadi tujuan silahturami, keperluan anak, dll.
  • Stick to the list!
    Kalau saya biasanya dalam membeli sesuatu, suka menuliskan list. Ini cukup membantu dimana jadinya saya fokus sama listnya dan tidak gampang tergoyang dengan etalase toko yang sebenarnya tidak ada dalam list belanja saya.
  • Bandingkan harga di beberapa toko
    Nah ini cukup memakan waktu, karena artina kita harus mengecek beberapa toko, namun cukup menghemat pengeluaran dari selisih harga yang ada.
  • Menunggu dan menunda
    Tak jarang kita ini buru-buru dalam membeli, apalagi seorang ibu yanmoms yang notabene kita ini sibuk seharian jadi jika ada satu checklist yang cepat terselesaikan kan lebih baik. Namun, tak jarang juga saat kita menunda pembelian 1-2 hari kedepan, kita jadi lebih mantap dalam membeli atau justru akhirnya melihat bahwa ini belum perlu-perlu amat sehingga menghemat pengeluaran kita akan yang belum diperlukan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s