ASURANSI PENDIDIKAN ATAU INVESTASI?

IMG_0317Menabung untuk kepentingan pendidikan anak di masa depan ternyata menjadi salah satu fokus dalam keluarga ya moms. Tak jarang banyak pengeluaran harus mulai di kurangi agar bisa menabung untuk oendidikan anak di masa depan. Dalam menabung, ada beberapa piliha yang dapat kita pilih, yaitu membuka rekening di bank, investasi hingga asuransi pendidikan. Kali ini saya mau membahas pendapat dan opini personal saya mengenai hal ini.

Dalam memilih media menabung, saya cenderung memilih tabungan dan investasi seperti investasi reksadana, emas atau properti dibanding dengan asuransi pendidikan.

Saya menilai asuransi itu lebih maksimal dan baik jika digunakan untuk memproteksi kesehatan kekuarga, terutama orang tua dibandingkan dengan sebagai tabungan. Menabung di asuransi biasanya mengikat kita dalam jangka waktu yang cukup panjang. Misalnya saja 10 tahun, dengan tabungan kecil tiap bulan maka jika dilihat, nilai pada akhir kita menabung dengan nilai yang kita butuhkan untuk mendaftarkan anak sekolah atau kuliah belum tentu mencukupi nilai yang dibutuhkan untuk mendaftar ke kampus / sekolah di masa itu. Jadi salah satu yang perlu moms pertimbangkan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah nilai di akhir waktu menabung apakah masih relevan dengan nilai pendidikan saat itu.

Pertimbangan lain adalah, menabung di asuransi tidak selalu akan balik modal. Semua tergantung dari pasar saham dimana dana kita ditempatkan. Beda cerita saat kita memaksimalkan asuransi untuk proteksi kesehatan dan jiwa, maka tanpa perlu melihat nilai saham, sewaktu kita butuhkan pasti tercukupi karena itu merupakan janji dari perusahaan asuransi tersebut sesuai dengan platform yang kita ambil.

Konsep logika saya, adalah justru kesehatan dan jiwa orang tua dan anak yang perlu diproteksi oleh asuransi. Jangan sampai biaya kesehatan akhirnya menggerus tabungan kita untuk pendidikan anak. Dan jika suatu hari salah satu orang tua mengalami kematian, maka santunan jiwa tersebut dapat digunakan untuk pendidikan anak dan investasi kedepan.

Berbicara investasi, ada beberapa investasi yang dapat kita gunakan sebagai media menabung, mulai dari tabungan deposito, tabungan anak, tabungan pendidikan, emas atau properti. Semua dapat disesuaikan dengan budget yang ada. Pilihlah investasi yang berjangka panjang namun pasti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s