7 PERLENGKAPAN ANAK YANG BERKUMAN

IMG_0318Kuman dan bakteri penyakit yang masuk kedalam tubuh kita atau anak dapat menyebabkan infeksi dan berbagai penyakit seperti diare, dll. Namun kita juga tak dapat sepenuhnya bebas dari kuman ya moms, terlebih karena mereka sangat kecil dan tak kasat mata dan senang berkumpul di alat-alat rumah tangga yang kita gunakan. Namun, dengan kehadiran anak, ada beberapa hal yang harus lebih kita perhatikan lagi kebersihannya, yaitu :

  • Botol susu
    Sisa-sisa susu pada botol susu anak dapat menumbuhkan bakteri penyakit terlebih sisa susu yang sudah lama. Untuk itu, buanglah setiap susu yang tersisa dalam botol segera jika memang tidak langsung dicuci, kemudian cucilah sabun cuci botol bayi dan jangan lupa untuk disteril sebelum digunakan kembali. Proses steril dapat membunuh kuman dan bakteri yang tersisa dalam botol susu.
  • High chair
    Sisa makanan pada high chair bayi juga dapat menumbuhkan kuman bakteri walaupun telah kita lap bersih. Disarankan untuk selalu membersihkan high chair bayi sehelum digunakan dan menyemprotkan cairan dinsefektan untuk membunuh kuman bakteri tersebut. Bakteri ini dapat menyebabkan anak mengalami diare.
  • Playmat
    Playmat merupakan tempat yang paling sering kita injak dan tempat berkumpulnya mainan anak, untuk itu perlu dibersihkan setiap hari.
  • Lantai
    Lantai yang kotor sering menyimpan debu dan kuman, terlebih untuk bayi yang sudah mulai merangkak dan berjalan, lantai sebaiknya dibersihkan dan pel setiap hari agar saat bayi memegang lantai tidak memindahkan kotoran kedalam mulut mereka.
  • Karpet / Boneka / Selimut berbahan boneka
    Bahan-bahan seperti karpet dan boneka juga merupakan sarang bagi debubdan tungau. Jika tidak sering dibersihkan seringkali dapat menyebabkan beberapa penyakit kulit dan gangguan pernafasan.
  • Bak mandi & mainan mandi anak
    Sisa air pada bak mandi dan mainan mandi anak yang tak sering dibersihkan juga dapat menumbuhkan bakteri Staphylococcus yang menggangu kesehatan anak. Disarankan untuk menyikat bak mandi anak secara rutin.
  • Remote, handphone dan uang
    Remote, handphone atau uang yang seringkali dipegang anak juga merupakan sarang bakteri, untuk itu siapkan selalu cairan dinsifektan untuk membersihkan tangan anak setiap kali memegang remote, handphone atau uang.

Semakin bertambahnya usia bayi, maka sistem kekebalan tubuh mereka akan semakin kuat sehingga tak lagi dengan mudah terinfeksi dengan kuman bakteri, namun selama anak masih berusia dibawah 2 tahun ada baiknya kita lebih lagi memperhatikan kebersihan perlengkapan dan peralatan di sekitar mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s