MOMSOMNIA, KETIKA IBU TIDAK BISA TIDUR

IMG_0321Sebagai ibu baru, pernahkah moms merasa tidak bisa tidur disaat yang lain telah tidur atau malah merasa tak tenang untuk tidur saat waktunya bisa tidur? Mungkin moms sedang mengalami Momsomnia. Momsomnia sendiri sangat wajar dialami oleh beberapa ibu pasca melahirkan. Segala rutinitas baru dan jadwal baru yang membuat kita beberapa kali harus terbangun di tengah mahal karena tangisan bayi membuat sistem waktu dalam dirinkita kacau dan otmatis mengubah kita menjadi lighter sleeper dari sebelumnya.

Beberapa tanda momsomnia antara lain :

  • “Kayaknya dede nangis, deh!”
    Ini yang paling sering di alami oleh ibu ya sepertinya, dimana kita merasa seperti mendengarkan suara anak kita menangis walaupun sebenarnya tidak. Hal ini seringkali membuat kita tidak dapat tidur.
  • Takut tidur
    Adanya terbersit ketakutan jika tidur maka anak akan terbangun
  • “Dede bisa nafas ga ya? Kedinginan ga ya?”
    Perasaan khawatir akan kondisi bayi dan anak sehingga merasa tidak tenang dan merasa harus mengecek kondisi nya terus.
  • Night sweats
    Beberapa moms yang mengalami kondisi berkeringat di malam hari dan rasa panas / gerah saat hamil terkadang masih mengalami hal ini pada pasca melahirkan sehingga membuat susah tidur.
  • Payudara yang nyeri
    Pada ibu menyusui, sangat normal untuk merasakan payudara yang kencang dan ngilu pada tengah malam akibat rutinitas menyusui sehingga tak jarang harus terbangun untuk menyusui atau memompanya.

Momsomnia sendiri lambat laun akan membaik seiring dengan rutinitas dan jadwal kita yang semakin teratur. Biasanya semakin bertambah usia bayi, semakin teratur dan terbentuk juga pola adaptasi kita dengan jadwal mereka, sehingga moms tidak perlu khawatir. Jika ada gejala yang berlebihan seperti tidak bisa tidur sama sekali, kelelahan berlebihan, jantung berdebar, maka ada baiknya di konsultasikan ke dokter ya moms.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s