EKSIM TANGAN PASCA MELAHIRKAN

IMG_0324Ada satu persamaan yang dialami banyak ibu pasca melahirkan yaitu kulit yang semakin sensitif, terutama di bagian telapak tangan dan jari. Jika dulu tidak ada masalah dengan pemakaian sabun cuci atau mandi, pasca melahirkan justru membuat tangan mengalami iritasi saat menyentuh beberapa produk pembersih rumah tangga.

Penyebab eksim sendiri tidak jelas diketahui ya moms, dan eksim pasca melahirkan ini sendiri juga sama. Mungkin dari hormon, atau adanya kekurangan suatu zat nutrisi dalam tubuh selama proses kehamilan / menyusui. Beberapa tanda eksim ini bisa berupa, ruam merah, kulit pecah bahkan terbelah (cracking), gatal, dyshidrotic eczema (gelembung-gelembung berisi air), berkerak, bersisik, dll.

Beberapa tips saya dalam menghadapi ini adalah :

  • Gunakan saleb / krim yang aman. Nah saleb / krim ini sendiri saya memilih steroid free jika masih bisa terhandle (belum terlalu berat), dan sifatnya cocok-cocokkan – bisa berbeda setiap orang. Beberapa brand yang bisa dicoba adalah Hopes Relief, Laroche Posay, dll. Jika kondisi sudah cukup parah dan sangatvmengganggu, saya sarankan konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapatkan obat, dan gunakan sesuai anjuran.
  • Hindari kontak langsung dengan segala pembersih yang tidak aman, dalam arti mengandung paraben, alkohol, SLS / Soap, dan fragrance / pewangi, sometimes jika kondisi parah juga dapat menghindari tissue basah anak. Jika harus berhubungan dengan produk pembersih, gunakanlah media sarung tangan.
  • Jangan terlalu sering mencuci tangan. Tangan yang terlalu sering dicuci terutaman dengan sabun dapat menjadi lebih kering dan memperparah eksim. Gunakan hand lotion yang aman setiap kali mencuci tangan. Moms juga bisa mengunakan cairan dinsifektan yang aman untuk membersihkan tangan tanpa harus dicuci, contohnya Acquassimo.
  • Ganti produk sabun dan shampoo mandi ke produk yang aman untuk eksim.
  • Hindari makanan yang memicu inflamasi dan eksim seperti semua produk dari Susu sapi, ragi, gluten dan gula.
Advertisements

4 thoughts on “EKSIM TANGAN PASCA MELAHIRKAN

  1. - says:

    hello dear. i would like to email you but i cant find your email address. would you mind to sent me your ebook? thankyou so much. gbu❤️

    Like

  2. Titis says:

    OOOOHHHH ini aku banget.. such an enlightment!
    I basically had been living with allergy since i was a kid, abis melahirkan tau2 tangan ini gatel abis megang udang.. antara ini alergi ama udangnya atau udangnya kotor.. trus jadi gatel bintik2 berair di tangan.. cuci piring juga bhayyy ga sanggup.. udah pake salep steroid cm anteng bentar, trus flare up lagi, kayaknya karena gak diet.. hahh aku akan coba & semoga membaik yah. Selama ini calming soothing down kulit tangan pake buds organic punya anakku, just because itu yg aku punya & ga ngerti ttg eczema..

    Like

  3. Dinna says:

    Ini aku bngt, tiba” telapak tangan jd gatellll bngt ker OK mg tebel trus ancur ya Allah sedihnya, dan entah knp sejak hamil 2th berturut” trus lanjut meyusui eksim di daerah telapak kaki jd hebat bngt dan kemudian di tambah lg d talapak tangan, sepertimya bener nih terlalu bnyk kadar gula n gluten d dlm darah huhuhu krn pas hamil n menyusui bnyk konsumsi roti, susu sapi, susu kedelai dan cake buat asi booster 😢

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s