WARNA PANAS MEMBUAT ANAK SUSAH TIDUR

IMG_0325Persiapan mendekor kamar anak biasanya telah kita persiapkan saat hamil ya moms. Mulai dari menyiapkan tempat tidur, memilih aksesoris hingga menentukan cat dinding kamar anak. Namun, tahukah moms bahwa dekorasi kamar sangat mempengaruhi emosi dan kualitas tidur anak? Pemulihan warna yang salah justru dapat membuat anak susah tidur.

Sebelum mendekor kamar anak, ada 4 faktor yang harus kita perhatikan, yaitu :

  • Warna
  • Sirkulasi udara
  • Pencahayaan
  • Penempatan mesin pendingin (AC / Kipas angin)

Untuk Warna, dibagi menjadi 2 kelompok yaitu warna panas dan dingin. Warna panas adalah warna-warna yang terang dan “ngejreng”, contohnya merah, orange, kuning, dll. Sedangkan warna dingin adalah warna-warna yang kalem atau tenang seperti putih, biru, hijau, dan lain lain.

Pemilihan warna untuk kamar anak sebaiknya didominasi oleh warna dingin sehingga anak lebih muda tidur. Pemilihan warna panas akan membuat anak lebih aktif dan agresif secara psikologisnya. Jadi warna panas bisa diberikan dalam bentuk aksesoris ruangan dan bukan warna dominan. Pada anak berkebutuhan khusus juga sebaiknya menghindari warna panas pada kamarnya. Sedangkan warna hitam perlu dihindari dikamar anak karena dapat meningkatkan tingkat stres anak.

Sirkulasi udara pada kamar sangat baik untuk meciptakan kamar yang sehat sehingga kamar tidak menjadi lembab sehingga mudah untuk ditumbuhi jamur dan bakteri. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, peletakan pintu dan jendela jangan sejajar ya moms, melainkan pada dinding terpisah.

Sinar matahari merupakan sinar UV alami atau dengan kata lain sterilizer alami. Sinar matahari yang menyinari kamar anak dapat mensteril kamar dari bakteri dan virus penyakit.

Terakhir adalah peletakan mesin pendingin. Hal ini juga tidak kalah penting, karena hembusan mesin pendingin yang mengenai bayi bahkan kita secara langsung dapat berbahaya. Selain membuat bayi menjadi dingin / kembung sehingga sulit tidur juga dapat beresiko menyebabkan kanker tulang jika terpapar dalam jangka waktu lama. Hal ini berlaku untuk kita sebagai dewasa juga yang dapat menyebabkan masalah otot kaku. Sebaiknya mesin pendingin diletakkan ditempat yang tidak akan mengenai tubuh anggota keluarga secara langsung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s