AKIBAT ANAK KURANG TIDUR

IMG_0339Tidur merupakan sebuah aktivitas yang sangat penting bagi manusia, terkebih pada anak. Saat kita tidur dimalam hari contohnya, proses detox dan pertumbuhan anak berjalan. Sehingga kualitas tidur juga memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan seorang anak. Beberapa dampak akibat yang dapat terjadi saat anak kurang tidur adalah sebagai berikut :

  • Hiperaktif dan tantrum
    Beberapa anak yang kurang tidur justru menyebabkan adrenalin mereka terpacu sehingga jauh lebih hiperaktif dan rentan untuk tantrum. Baik itu rewel, gelisah, menangis terus dan bahkan dikaitkan dengan resiko memicu gejala ADHD.
  • Sulit berkonsentrasi
    Tanpa tidur yang baik, maka memori dan daya konsentrasi atau fokus anak biasanya menurun dan hal ini bisa mempengaruhi aktivitas belajar anak.
  • Berat badan susah naik
    Jika anak kurang tidur dalam jangka waktu panjang (terus-menerus) maka juga dapat menghambat proses pertumbuhan anak karena hormon pertumbuhan (human growth hormone) biasanya dikeluarkan ketika si kecil tidur terutama pada fase deep sleep (Dr. Bernie, ayahbunda.com).
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s