MENGATASI GEJALA TUMBUH GIGI PADA ANAK

IMG_0357Memasuki usia 16 bulan, gigi taring dan graham Eegan mulai bertumbuh. Selama 1-2 bulan ini gigi taring atas, bawah dan graham juga terlihat bertumbuh secara bersamaan atau dalam waktu yang berdekatan. Sehingga membuat gigi satu masih dalam proses tumbuh, sementara gigi lainnya baru keluar. Hal ini membawa beberapa gejala tumbuh gigi di Eegan, seperti tidak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari. Eegan yang biasanya sleep through the night harus terbangun berkali-kali sambil menangis. Hal ini terjadi kurang lebih selama seminggu.

Karena ini bukan lagi gigi pertama eegan, maka biasanya saya tidak melakukan penanganan khusus, hanya menenangkan dan membiarkannya. Beda dengan diawal gejala tumbuh gigi yang eegan alami saat berusia 9 bulan. Beberapa tips yang bisa mims lakukan saat anak melalui masa tumgi adalah :

  • Saat anak terus-terusan rewel bahkan ketika bermain, moms bisa oleskan teething gel untuk meredakan sakit giginya, atau natural way nya menggunakan teether dingin dari kulkas.
  • Memberikan relief yang telah digunakan dari jaman ibu kita yaitu gripe water. Gripe water dipercaya bisa menurunkan “panas” sehingga daoat membantu meringankan rasa sakit gigi saat tumgi.
  • Sabar saat anak menolak makan. Eegan sendiri selalu GTM saat tumgi datang hingga usianya 16 bulan ini, eegan tetap mau makan walaupun sedang tumgi.
  • Tetap bersihkan gigi anak dengan disikat agar bersih dan tidak memicu resiko gigi berlubang
  • Untuk anak 12+, moms bisa juga memberikan es krim untuk dimakan. Sensasi dingin es dapat meringankan sakit giginya

fase tumbuh gigi sendiri memang harus dilewati setiap anak dan gejala dapat berbeda pada setiap anak. Jika gejala tidak terlalu mengganggu, saya biasanya memilih tidak menggunakan relief atau teething gel, seperti sekarang ini. Tapi jika sudah sangat mengganggu sehingga mengganggu jam istirahat semuanya dan membuatnya tidak makan berhari-hari, maka saya memilih menggunakan relief.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s