6 GANGGUAN DI AREA KELAMIN ANAK

IMG_0364Area kelamin atau alat vital anak merupakan area yang sensitif. Kebersihan yang tertajag terkadang dapat menimbulkan berbagai masalah di area tersebut. Beberapa masalah yang seringkali kita temui, antara lain :

  • Fimosis
    Disebabkan oleh infeksi atau radang berkali-kali pada kulit depan penis, atau bisa juga karena trauma akibat benturan. Gejalanya berupa kulit penis mengerut dan tidak bisa ditarik ke arag pangkal. Anak biasanya akan merasa nyeri saat buang air kecil. Fimosis dapat diatasi dengan krim antiradang atau antibakteri yang disarankan oleh dokter.
  • Ruam popok
    Biasa disebabkan oleh pemakaian popok yang terlalu lama atau oenuh sehingga menyebabkan area kelamin menjadi lembab sehingga muncul bercak di sekitar lipatan atau kulit area kelamin anak. Bisa juga berupa bintik-bintik merah. Atasi dengan diaper cream lalu mengganti popok lebih sering maksimal 3 jam sekali dan jangan tunggu penuh. Jika kondisi ruam parah, hubungi dokter.
  • Infeksi Saluran Kemih
    Ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan popok yang terlalu lama, kebersihan area kelamin kurang terjaga, kurangnya asupan air putih atau kebiasaan menahan BAK yang berakibat pada infeksi bakteri Escherichia Coli. ISK beresiko dialami oleh semua bayi atau anak, terutama anak lelaki yang belum sunat atau anak perempuan yang membutuhkan perhatian ekstra saat membersihkan alat kelaminnya. Gejalanya dapat berupa demam naik turun lalu tinggi. Segera periksakan ke dokter.
  • Vulvovaginitis
    Atau iritasi labia (bibir vagina), disebabkan oleh ruam popok yang berulang, celana dalam ketat atau area vagina yang kurang terjaga kebersihannya. Ganti popok sebelum penuh atau maksimal 3-4 jam, bersihkan area vagina setiap kali mengganti popok atau mandi.
  • Bokong gatal
    Jika si kecil terlihat terus menggaruk area bokong terutama anus, maka mungkin ia tertular parasit cacing kremi. Penularan cacing kremi ini biasanya banyak terjadi di tempat umum melalui cacing yang tersangkut di kuku anak lain yang akhirnya mengenai mainan atau di tanah. Periksakan ke dokter untuk mendapat pemeriksaan apakah benar telah terinfeksi cacing kremi. Jika positif terinfeksi maka akan diberikan obat antiparasit.
  • Bintil-bintil di kelamin
    Kondisi sekitar kelamin anak biasanya lembab akibat pemakaian popok, yang jika tidak sering diseka saat mengganti popok bisa memunculkan bakteri penyebab jerawat. Selalu keringkan area kelaminnya dengan handuk seriap kali membersihkan area tersebut dengan lembut.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s