BATUK TIDAK BERHENTI? CEK OBAT DARAH TINGGI

FC92FF9C-2317-4AE2-885C-8EB975E11001Selama 2 bulan mama saya mengalami batuk yang tidak berhenti atau sembuh ya moms. Mulai dari satu dokter ke dokter lainnya, bahkan pada akhirnya dibawa ke dokter spesialis paru untuk dironsen dan periksa. Hasil ronsen pun menyatakan paru-paru bersih dan tidak ada masalah. Tidak pernah diketahui penyebab batuk mama saya yang berkepanjangan dan semakin mengganggu ini. Hingga akhirnya diketahui bahwa penyebabnya adalah obat darah tinggi nya yaitu kaptropil.

Kaptopril adalah obat lini pertama oenurun tekanan darah yang termasuk dalam golongan ACE Inhibitor. Obat ini juga bermanfaat dalam pengobatan gagal ginjal dan gagal jantung. Dan merupakan salah satu obat darah tinggi yang banyak dikonsumsi oleh orang. Tapi ternyata memiliki efek samping menyebabkan batuk kering ataupun berdahak. Kasus mama saya, batuk berdahak yang berkepanjangan dan tidak bisa sembuh walaupun telah mengonsumsi berbagai obat batuk.

Ternyata efek samping batuk yang disebabkan oleh semua obat golongan ACE Inhibitor (kaptopril, enalapril, benazepril, dan obat akhiran -pril lainnya) dilaporkan terjadi pada 5-20% pasien. Batuk ini terjadi karena induksi obat sehingga akan berhenti dan sembuh saat obat berhenti dikonsumsi. Dan hal ini seringkali tidak dikaitkan oleh dokter ya moms, untuk itu penting sekali untuk mensharingkan pengalaman pribadi seseorang.

Even dokter spesialis paru sendiri tidak menghubungkan antara obat kaptopril ini dengan batuk yang dialami mama saya, hingga temannya yang pernah mengalaminya mensharingkan hari ini. Dan terbukti saat mama saya berhenti mengonsumsi kaptopril, batuk langsung sembuh dan tidak kembali. Jika moms atau kerabat mengalami hal ini, ada baiknya untuk menggantinobat anti hipertensi lain yang lebih cocok.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s