ANAK TERLAMBAT BICARA, DELAY ATAU DISORDER?

9987B884-FB42-4B4D-9CFC-49007DCF80DBSaat anak belum bisa berbicara banyak sementara anak seusianya sudah bisa, biasanya kita akan menyebut mereka speech delay seolah itu merupakan sebuah sindrome, diagnosa atau gangguan yang harus diobati. Tahukah moms bahwa speech delay bukanlah sebuah gangguan? 

Saat anak belum bisa bicara, ada 2 yang harus kita sebagai orang tua perhatikan yaitu apakah ini merupakan delay atau disorder? Speech delay adalah kondisi anak terlambat bicara tanpa adanya gangguan / diagnosa. Sementara speech disorder adalah anak terlambat / tidak bisa bicara dikarenakan adanya diagnosa atau gangguan tertentu contohnya masalah pendengaran, adanya kelainan, intellectual disorder (IQ <70), autisme, masalah perkembangan anak, dll. Anak dengan speech disorder biasanya akan dianjurkan untuk melakukan terapi.

Speech delay sendiri bukan merupakan sebuah gangguan karena biasanya ini hanya dikarenakan saraf yang belum matang, contohnya yang sering terjadi pada anak laki-laki, atau ada riwayat late talkers dalam keluarga atau kurangnya stimulasi dan interaksi. Sehingga menyebabkan pada awalnya anak tersebut tidak bisa bicara namun pada waktunya akan bicara dengan lancar dan benar. Dan tidak semua kasus speech delay memerlukan terapi.

Bahasa dan bicara sendiri berbeda ya moms. Bicara adalah apa yang diucapkan, sedangkan bahasa mencakup semuanya termasuk bicara, mimik, dan gerakan tubuh. Sehingga saat anak belum bicara, perhatikan juga apakah anak bisa menunjuk dan mengerti apa yang diinstruksikan. Untuk bisa berbicara dan berbahasa yang baik, anak memerlukan 3 organ sehat yaitu otak, telinga dan mulut. 

Lalu, kapan tandanya kita sebagai orang tua harus mulai khawatir dan mengkonsultasikannya ke dokter? Ada beberapa red flags atau bendera merah sebagai batasan kita menunggu anak berbicara ya moms, yaitu :

  • Usia 4 bulan belum terdengar cooing (suara bayi – vokal)
  • Usia 6 bulan tidak menoleh saat dipanggil
  • Usia 12 bulan belum terdengar babbling (mengoceh tidak jelas – konsonan “baba” “tata” dll)
  • Usia 16 bulan belum ada 1 kata yang jelas
  • Usia 10 bulan sudah harus bisa menunjuk
  • Usia 2 tahun harus sudah bisa merangkai 2 kata

Temukan beberapa terapi sederhana yang dapat moms lakukan untuk menstimulasi anak bicara disini.

Advertisements

2 thoughts on “ANAK TERLAMBAT BICARA, DELAY ATAU DISORDER?

  1. SAK says:

    Terima kasih tulisannya. Selalu suka membaca tulisan Bundanya Eegan ♥ Sangat bermanfaat sekali semua postingannya untuk calon bunda atau pun para bunda.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s