KEHAMILAN 4 MINGGU : KETIKA SEMUA DIMULAI

F7D65DE2-DA02-4629-A404-7C3600257083Pada kehamilan 4 minggu, biasanya kita baru mulai mencurigai adanya kehamilan namun tak jarang kita belum merasakan gejala apapun ya moms. Pada minggu ini, janin telah terbentuk menjadi embrio dan mulai memproduksi hormon HCG (hormon kehamilan), dimana jika moms melakukan test pack maka sudah dapat menunjukkan hasil positif pada test pack.

Ukuran embrio pada minggu ini masih sangat kecil yaitu sebesar poppy seed (biji sesawi atau sebesar tirik spidol di kertas). Namun ditengah ukurannya yang sangat kecil ini, seluruh organ vital bayi telah mulai berkembang lho, moms. Ajaib ya?! How a tiny little seed could be growing rapidly inside. 

Embrio pada minggu ini terbentuk dari layer atau lapisan. Lapisan paling luar (Ectoderm) mulai berkembang yang akan membentuk saraf, otak, mata, rambut dan kulit. Layer tengah (Mesoderm) akan berkembang membentuk hati, sel darah, ginjal, tulang, otot dan sistem reproduksi. Sedangkan layer paling dalam (Endoderm) akan membentuk menjadi sistem pencernaan yaitu perut dan usus, paru-paru dan organ lainnya.

Selain organ vital yang sedang berkembang secara luar biasa diatas, plasenta janin juga mulai berkembang membentuk saluran untuk kedepannya darah, nutrisi dan oksigen dari ibu mulai bisa tersalur ke janin. 3 hal yang tak kalah penting lainnya yang sudah terbentuk adalah kantong ketuban dan air ketuban yang berfungsi untuk melindungi janin dan yolk sac yang berfungsi sebagai pensuplai nutrisi bagi janin.

What a rapid grow is happening ya, moms! Jadi perkembangan yang sedang terjadi sangatlah penting dan krusial bagi janin sejak awal kehamilan. Pastikan moms mendukung perkembangan ini dengan nutrisi yang baik dan gaya hidup sehat.

Gejala yang saya rasakan pada kehamilankedus di minggu 4 ini :

  • Nafsu makan samgat menginkat, selalu merasa lapar
  • Ruman di area leher dan tangan kaki yang hilang di minggu 5
  • cepat lelah
  • cepat marah dan emosi tidak stabil
  • Sensitive akan bau terutama bau sampah dan makanan
  • Payudara terasa ngilu
  • perut atas terasa kencang dan Sedikit nyeri jika tersenggol
  • Rasa tidak nyaman saat menggendong eegan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s