YANG PERLU ANAK PELAJARI DARI SANG AYAH

1745CE1B-E75D-4A77-A4B6-70BB0E1277CFAs a child from a broken home, saya mau encourage para ayah untuk memprioritaskan keluarga karena seriously peran seorang Ayah itu tidak bisa digantikan, baik oleh ibu atau kakek. Peran seorang Ayah tetap krusial dalam perkembangan psikis seorang anak. Banyak anak broken home yang belum dipulihkan hatinya akan memiliki dampak yang sangat negatif dan merusak dalam dirinya. 

Anak itu “penyontek” paling ulung, dan biasanya yang dia contek adalah kita orang tuanya, betul yah. Banyak juga anak yang lantas berkata nanti gede mau jadi seperti papa atau jadi seperti mama. And These are what a father could show his kid :

  • Cinta keluarga dan Tuhan

Dengan memuji anak istri, meluangkan quality time untuk keluarga, and have a good temper. Rajin berdoa dan beribadah juga dapat mengajarkan anak untuk lebih saleh yang akhirnya akan menjaga nilai hidupnya sendiri.

  • Tanggung jawab

Simply dengan menepati setiap janji yang diucapkan ke anak. Biasanya kita juga berhati-hati menawari reward untuk eegan ya moms terutama saat dia rewel, karena apapun yang kita janjikan, misal itu “oke besok main ini ya” atau “iya nanti abis bangun kita ke superindo ya.” Biasanya harus kita tepati agar eegan tidak berfikir dan beranggapan bahwa bohong itu hal biasa.

  • Bangkit dari kegagalan

Untuk ayah-ayah yang merasa gagal, it’s okay, karena justru anak harus belajar bagaimana bangkit dari kegagalan dengan melihat sang ayah bangkit. Jangan sampai dunia yang menunjukkan jalan pintas saat dia gagal dengan menjerumuskannya justru ke hal-hal yang merugikan seperti narkoba, free sex, dll. Disini juga anak dapat belajar bahwa kegagalan bukanlah sebuah akhir.

  • Ketegasan dan kedisiplinan

Sekali ya, iya, sekali tidak ya tidak. Biasanya disini butuh kesepakatan antara ayah dan ibu agar memiliki satu suara. 

  • Kerajinan

Baik anak lelaki atau perempuan, bahkan terutama lelaki ya, menurut saya kerajinan itu harus diajarkan. Apalagi jaman sekarang sepertinya wanita banyak yang lebih giat dalam mengerjakan sesuatu. Nah, seorang ayah adalah figur paling cocok untuk menunjukkan kerajinan ini dengan sikap gigih dan pantang menyerah dalam mengerjakan segala hal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s