MEMPERKENALKAN ADIK BARU PADA SANG KAKAK (TAHAP 1)

BEB1BEA8-8C75-482B-B725-F5539A63A1E1Pada kehamilan kedua ini, ada sebuah tantangan baru ya moms, yaitu bagaimana memperkenalkannya ke eegan yang masih berusia 20 bulan. Pada usia ini, eegan bisa dibilang belum mengerti ya apa yang kami nantikan 9 bukan mendatang. Jadi perkenalan tahap pertama ini pun sangat sederhana dengan tujuan eegan dapat mulai tersounding bahwa akan ada kehadiran satu orang lagi dalam keluarga. Beberapa hal yang kami lakukan :

  • Menggambar keluarga bersama

Saya mulai dengan sebuah gambar sederhana yang kami gambar dengan oensil warna dimana ada 4 orang dalam keluarga yaitu papi, mami, eegan dan dede. Setelah mengajarkannya pada eegan, terlihat jelas dia bisa menunjukkan masing-masing karakter digambar ketika ditanya dan menghubungkannya ke orang aslinya.  Disini eegan belajar bahwa ada seseorang yang baru yang tak lepas dari kami bertiga yaitu dede, nah biasanya saya akan tunjukkan bahwa dede ada didalam perut mami.

  • Memisahkan pribadi eegan dan dede

Ini yang agak tricky. Jadi sometimes eegan masih rancu akan eegan dan dede. Jika ditanya eegan maka dia akan menunjuk dadanya, jika ditanya dede, kadang eegan juga menunjuk dirinya sendiri haha. Tapi biasa saya refer ke gambar diatas dan tunjukkan kembali dede ada di perut dan meminta eegan untuk membelai dedenya. 

  • Menceritakan kesenangan menjadi seorang kakak

Nah yang banyak saya ceritakan bukan dedenya pada tahap 1 ini, yaitu bagaimana keasikan menjadi seorang big brother nantinya. Jadi fokus nya masih di eegan, karena saya tidak mau eegan merasa bahwa yang di bahas adalah dedenya terus ya haha. Jadi tetap centernya masih di eegan.

Nah untuk tahap 2 nanti, saya akan mulai mempersiapkan beberapa buku dan alat bantu lainnya sedangkan di tahap 3, saya berencana untuk membelikan eegan boneka baby dimana eegan bisa mulai belajar be gentle to a baby dan bahkan belajar menyusui dengan botol, dsb. Harapannya adalah eegan ga kaget dengan kehadiran baby asli nya nanti. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s