KEHAMILAN 8 MINGGU : DIA BERGERAK !

E5D4FCD3-C725-4A27-80B4-D0AF72E96F0FTahukah moms? Janin berusia 8 minggu sudah mulai bergerak! Namun, karena ukurannya yang masih sangat kecil yaitu sebesar buah raspberry / anggur, maka moms belum bisa merasakan gerakannya. Minggu ini juga menandai 2 bulan kehamilan moms.

Ekor embrio yang tadinya terlihat sudah hilang dan janin telah berbentuk jauh lebih mirip seperti manusia. Otak janin juga sudah mulai berfungsi, dan sel saraf sudah mulai berjalan. Pada sisi wajah, hidung janin mulai terlihat dan bibir atas janin juga sedang terbentuk, mata janin sudah semakin besar namun masih tertutup.

Turun lebih bawah, jari kaki dan tangan janin sedang berkembang. Jika dilihat sekarang, maka masih seperti jari bebek yang tertutup selaput ya moms. Dengan lengan dan kaki janin yang sudah lebih memanjang dan bisa terlihat saat moms melakukan usg. Selain itu bahu, siku dan lutut janin juga semua sedang berkembang. 

Indera perasa masih terus berkembang dengan gigi yang juga sedang bertumbuh dibawah gusi janin. Jantung janin telah terbagi menjadi 2 serambi dan berdetak sebanyak 150 kali per menit atau sekitar 2x lebih banyak dari orang dewasa. Wow, jadi memang perkembangan dan pertumbuhan terus terjadi ya, moms! How great is our God, Dia menciptakan kita dari titik pulpen menjadi seorang manusia sempurna.

Beberapa ibu dapat merasakan morning sickness yang memuncak di usia kehamilan minggu 8-10. Namun, tak jarang juga yang tidak mengalami morning sickness. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s