KAPAN JANIN MULAI MENDENGAR?

A399B92E-14B9-4C6F-A45D-13B502DF95CCPada usia kehamilan 3 bulan, resiko keguguran menurun dan dalam bulan ini janin telah mulai mendengar! Walaupun mata janin masih tertutup, namun ia sudah bisa mendengar suara percakapam sekitar, detak jantung ibunya dan suara lainnya di dalam tubuh ibu termasuk aliran darah, sistem pencernaan, dll. 

Pada bulan ini, moms dan sang ayah sudah bisa mulai mengajak janin berbicara. Hal ini merupakan stimulasi yang sangat baik bagi janin. Bahkan oada saat ia lahir, ia masih akan mengingat dan mengenali suara ayah dan ibunya sehingga akan merespon saat mendengarkan suara ayah atau ibunya.

Memasuki trimester kedua, biasanya pada beberapa ibu, morning sickness telah berkurang, gairah seks telah mulai kembali dan biasanya sudah diperbolehkan untuk berhubungan pada trimester kedua kecuali adanya kasus tertentu. Selain itu, perut ibu biasanya sudah mulai sedikit membesar dan mulai tidak nyaman dengan pakaian yang ketat. Sedangkan janin sudah mulai belajar menunjukkan ekspresi seperti mengerutkan kening, menyeringai, lalu melakukan gerakan mengisap, meminum cairan ketuban, dan cegukan sebagai latihannya bernafas kelak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s