TENGGOROKAN PANAS SAAT HAMIL

79A2973E-6E3C-44A3-8D6F-FA31DD42FD70Tenggorokan dan dada yang panas saat hamil tidak seremeh kedegarannya ya moms. Kondisi ini disebut juga heartburn yang biasa dimulai dari trimester kedua. Bahkan di usia kandungan saya yang belum genap 3 bulan, saya sudah mulai merasakan gejala awal heartburn.

Heartburn bukan saja membuat tidak nyaman, namun juga seringkali mengganggu tidur ibu hamil. Banyak ibu hamil yang akhirnya tidak bisa tidur lelap atau bahkan tidak tidur sama sekali karena kondisi ini. Hal ini kemudian dapat menyebabkan ibu hamil kelelahan dan bahkan jatuh sakit. Tidak ada yang benar-benar bisa mencegah dan mengatasi hal ini, heartburn akan hilang saat kelahiran bayi.

Namun, beberapa tips unuk tidak memperburuk heartburn antara lain :

  • Jangan langsung berbaring setelah makan. Pencernaan ibu hamil jauh melambat dari sebelumnya, dan ini menyebabkan asam lambung mudah keluar walaupun telah 2 jam dari jam makan.
  • Berbaring menghadap kiri. Berbaring menghadap kanan justru melancarkan asam lambung untuk keluar menuju tenggorokan. Sementara berbaring menghadap kanan menghambat asam lambung untuk naik.
  • Hindari makanan-makanan yang memicu naiknya asam lambung selerti makanan pedas, asam, bersantan, dan susah dicerna.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s