RESIKO DARAH KENTAL SAAT HAMIL

31FE7E0F-3483-4EB2-AA42-11639AFD7F13Kondisi darah kental disebut Antiphospholid Syndrome (APS), ini juga yang saya alami di kehamilan kali ini ya moms. Kondisi APS bisa diketahui dengan melakukan tes darah yang biasanya dilihat dari indikasi yang ada. Inidikasi yang saya alami adalah kantong kehamilan yang jauh lebih kecil dari ukuran seharusnya di usianya. Hal ini juga yang membuat dokter saya akhirnya meminta untuk melakukan tes darah yang meliputi mengecek tingkat kekentalannya dan hasil tes tersebut terbukti bahwa darah saya kental.

Darah kental mengakibatkan sel-sel darah menempel satu sama lain dan akhirnya terjadilah gangguan aliran darah. Darah kental juga menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil. Pada ibu hamil, darah kental dapat memicu keguguran pada trimester pertama karena asupan makanan dan oksigen ke janin terhambat. Dapat dikatakan bahwa janin hidup dari aliran darah kita ke plasentanya, nah jika darah kental, maka hal ini terhambat. Jika kehamilan bertahan hingga TM2 dan Tm3 namun kondisi darah kental masih terus ada, maka ancaman berikutnya adalah berat badan janin rendah dan ada resiko kelahiran prematur.

Sejauh ini penanganan yang saya terapkan dari dokter saya adalah mengonsumsi beberapa obat pendukung diluar suplemen kehamilan seperti penguat janin di minggu-minggu awal, obat pengencer darah dan DHA untuk membantu melancarkan aliran darah dan pertumbuhan janin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s