ARTI KRAM PADA SETIAP TRIMESTER KEHAMILAN

E42C8D2E-919D-47CC-B254-66AC1ABF8B7DRasa kram atau nyeri perut saat hamil sering terjadi dalam setiap trimester kehamilan. Nah, rasa kram ini ternyata tidak selalu mengindikasikan tanda bahaya ya moms. Beberapa rasa kram dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Rahim yang semakin membesar

Seiring bertumbuhnya janin, maka rahim pun akan ikut bertumbuh semakin besar. Proses pelebaran rahim ini seringkali juga menyebabkan rasa kram pada perut selama beberapa hari. Biasa dialami di setiap trimester tanpa adanya flek atau pendarahan,

  • Adanya gas (kembung) atau sembelit

Ibu hamil seringkali mengalami kembung, terlebih karena ibu hamil biasanya kesulitan dalam mengeluarkan gas tersebut. Akibatnya perut menjadi kencang dan seringkali kram. Masalah pencernaan seperti sembelit juga dapat menyebabkan kram. Jika moms mengalami sembelit, disarankan untuk mengonsumsi buah naga merah secara rutin.

  • Round Ligament Pain

Pelebaran rahim sering menyebabkan otot ligamen ibu hamil ikut tertarik. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri, terlebih jika posisi tidur atau bergerak yang yang salah, maka rasa nyeri di area ligamen dapat terjadi. Disarankan untuk bergerak perlahan saat ingin berdiri, duduk, jongkok atau memutar.

  • Braxton Hicks

Kontraksi palsu juga dapat menyebabkan kram pada perut. Namun biasanya rasa kram tidak konsisten dan tidak bertambah semakin sakit atau sering intensitasnya. Kontraksi lahiran selalu bertambah sakit dan sering seiring waktu hingga rasa nyeri yang tak tertahankan.

Beberapa kram yang harus diwaspadai adalah jika disertai dengan flek dan pendarahan. Segera periksakan ke dokter jika moms mengalami flek atau pendarahan untuk menghindari resiko berikut ini :

  • Tanda keguguran
  • Kelahiran prematur
  • Kehamilan ektopik
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s