MENGENALKAN ADIK BARU DALAM KANDUNGAN

F42B1523-BC3D-4F72-83A6-22E7C68FF979Sejak awal saat kami mengetahui akan kehamilan ini, kami sudah mencoba mengenalkan adik baru dalam kandungan pada eegan ya moms. Saat itu usianya baru 21 bulan dan hasilnya terlihat bahwa eegan tidak terlalu mengerti. Tapi semakin kesini, terlihat bahwa eegan semakin mengerti, sehingga setiap kali ada iklan baby di tv, yang ia lakukan biasanya menghamliri saya dan mengelus perut saya. Beberapa cara yang saya lakukan cukup sederhana :

  • Jelaskan dan jelaskan

Tahap pertama yang selalu kami lakukan tentunya adalah menjelaskan bahwa ada dede didalam perut mami. Daribyang cuek dan tidak mengerti, lambat laun terlihat bahwa eegan semakin mengerti.

  • Contohkan

Disini kami gunakan iklan tv yang biasa eegan tonton di tv. Sambil menunjuk baby di tv, kami beritahukan bahwa ada baby juga dalam perut mami. 

  • Ceritakan

Disini saya mulai bercerita kira-kira yang akan terjadi tahun depan, tapi fokusnya di eegan bukan di dedenya. Jadi misalnya, “tahun depan eegan jadi brother lho, nanti main sama dede ya.”, “nanti eegan ajarin dede colouring ya.” – dengan fokusnya ada di eegan dan bukan di dede, saya merasa eegan dapat lebih menggambarkan apa yang akan terjadi. 

  • Gunakan properti

Ini rencana yang ingin saya lakukan, yaitu membeli boneka baby, namun ternyata gagal ya moms. Karena eegan ternyata takut dengan mannequin dan boneka yang menyerupai mannequin. Another tips dari salah satu mom yang melakukan ininadalah, jika moms membeli boneka baby, maka ajarkan anak untuk memperlakukan boneka itu layaknya manusia (tidak menyakitinya), karena kebiasaan ini ternyata bisa membuat anak justru memperlakukan dedenya sama seperti boneka tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s