LET’S LOVE THE TERRIBLE TWO

822D83E8-26D0-461A-A501-FAAD30E4BF24Bagi orang tua yang punya anak hampir berusia 2 tahun atau 2 tahun serignkali pasti mengalami fase yang namanya Terrible Two. Dimana anak biasanya kita anggap “ga mau denger”, “melawan”, “rewel”, “ga mau dibilangin”, dsb. Tapi tahukah moms, bahwa fase Terrible Two ini sebenarnya adalah salah satu fase pertumbuhan mereka. So, dengan memahami fase ini, diharapkan kita akan lebih bisa menghadapinya dengan bijak dan sabar. 

Fase Terrible Two ini adalah fase normal dimana anak-anak sedang berada di tengah-tengah antara bergantung pada orang tua dan keinginan untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Satu sisi si anak akan manja tapi sisi lain juga tiba-tiba si anak justru berlawanan dengan kita. Usia 2 tahun adalah usia dimana anak sedang mengalami perkembangan yang sangat besar dalam intelektual, sosial dan emosi mereka. Kata-kata mereka mulai bertambah, mereka mulai ingin melakukan banyak hal sendiri dan juga mulai diperhadapkan dengan kenyataan bahwa adanya “aturan” yang harus di patuhi. 

Nah yang menjadi masalah adalah biasanya pada anak usia 2 tahun, mereka masih terbatas dalam melakukan banyak hal namun ingin melakukannya sendiri tanpa bantuan yang akhirnya membuat mereka frustasi, rewel bahkan tantrum. Selain itu, anak yang tadinya belum mengerti mengenai aturan, sekarang harus “dipaksa” mengikuti aturan, tentunya ini butuh adaptasi ya moms, nah masa terrible two inilah prosesnya. Dan namanya proses pasti tentunya belum mulus.

Eegan sendiri sudah memulai masa ini dimana dia ingin berjalan masuk toko sendiri, melakukan hal-hal sendiri yang tidak bisa dia lakukan lalu frustasi, terkadang ga mau dibilangin, ga mau nurut. Dan hal ini cukup membuat kami sebagai orang tua juga terpaksa beradaptasi dan mulai bisa emosi dan marah. Namun, ditengah itu semua, saat mengingat kembali bahwa justru inilah prosesnya, maka kami kembali diingatkan untuk sabar dan mengarahkan eegan dan memikirkan bagaimana menerapkan aturan-aturan ke eegan perlahan-lahan hingga ia mengerti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s