DETEKSI DOWN SYNDROME SAAT HAMIL DENGAN NIPT

8AE4B9F6-7C8D-4B1B-A65B-601D0BBFA7D4Salah satu momok yang paling menakutkan bagi saya saat hamil adalah terjadinya kelainan pada janin. Dan saya rasa, ini juga merupakan ketakutan dari semua ibu hamil ya, Moms. Dimana kita tentunya selalu berharap yang terbaik pada janin dan kehamilan ini. Namun, ada kalanya hal tersebut tidak dapat dicegah dan terjadi secara tak terduga. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah, apakah dapat dicegah? Dan adakah cara untuk mengetahui jika memang kehamilan kita mengalami kelainan?

Thanks to perkembangan teknologi, kini setiap ibu hamil sudah dapat memeriksakan kehamilannya secara mendetail hingga pada ada tidaknya resiko kelainan di usia 10 minggu kehamilan. Yaitu dengan mengikuti NIPT (Non Ivasive Prenatal Test). Dimana kita bisa melakukan NIPT? Moms bisa melakukan NIPT di Cordlife.

NIPT ini adalah tes yang dilakukan pada ibu hamil dengan cara mengambil sample darah ibu hamil untuk dites. Namun, jangan khawatir moms, karena tes ini sangat aman dan sama sekali tidak mengganggu janin. NIPT ini bertujuan untuk memastikan keamanan kehamilan yang dijalani. Dengan bonus bahkan sudah dapat diketahui gender janin sejak 10 minggu kehamilan. Tingkat akurasi NIPT ini sendiri sebesar 99%. 

Dengan NIPT, kita dapat melihat apakah ada kelainan kromosom yang terjadi. Kromosom manusia sendiri berjumlah 46 secara total, nah pada kelainan kromosom, jumlah kromosom janin tidak pas, bisa kurang atau berlebih. Disini,ah kemudian timbul beberapa kelainan seperti Down Syndrome, Edward Syndrome dan perkembangan organ yang tidak sempurna saat bayi dilahirkan. Adapun beberapa fakta mengenai kelainan kromosom sendiri adalah :

  • Tidak dapat dicegah, kelainan kromosom terjadi secara random dan tidak ada sangkut pautnya dengan kesalahan ayah atau ibu.
  • Ibu hamil yang berusia di atas 35 tahun memiliki resiko lebih tinggi dalam mengalami kelainan kromosom. Namun tidak mutlak dan tidak berarti ibu hamil yang dibawah 35 tahun bebas akan resiko tersebut.

Walaupun tidak dapat dicegah dan diubah, NIPT ini dapat mengidentifikadi sejak dini kondisi tersebut yang akhirnya dapat mempersiapkan kita sebagai orang tua untuk membekali diri lebih banyak sebelum bayi lahir. Istilahnya agar kita tidak “shock”, namun sudah mempersiapkan baik mental maupun segala perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam merawat bayi dengan kondisi tersebut.

Bagi Moms yang ingin bertanya lebih lanjut untuk menjalani NIPT, dapat menghubungi Cordlife di :

PT. CORDLIFE PERSADA

Kantor Pusat:

Corporate Office and Laboratorium
Infinia Park Blok C 100,
Jl. Dr. Sahardjo No.45, Manggarai – Tebet,
Jakarta Selatan, 12850 Indonesia
Phone (+62) 21-8379-7424
Fax (+62) 21-8379-7425

REPRESENTATIVE OFFICE:

Surabaya: Tel: (031) 501 6030
Bandung: Tel: (+62) 22 – 4233928
Medan: Tel: (061) 414 8087

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s