KENAPA HOMESCHOOL UNTUK ANAK 2 TAHUN?

child-865116_960_720Di tengah era sekolah dini yang terjadi di Indonesia, banyak orang tua yang sudah memasukkan anak-anak mereka ke sekolah sejak bahkan usia bayi. Untuk Eegan sendiri, kami sepakat memutuskan untuk belum memasukkan Eegan ke sekolah terlalu dini dan memilih opsi homeschooling di usianya yang menginjak 2 tahun ini. Beberapa alasannya sendiri adalah karena :

  • Selang waktu yang terlalu lama

Jika usia masuk TK sekarang adalah 4 tahun, maka jika eegan harus sudah bersekolah resmi dari usia 2, maka dia bahkan sudah harus memulai dari 2 tahun sebelumnya. Menurut saya, ini terlalu lama. Bayangkan jika usia SD 6 tahun, maka artinya sebelum SD, ia sudah harus duduk di bangku sekolah selama 4 tahun sebelum bahkan kelas 1 SD. Kekhawatiran saya sendiri adalah rasa jenuh dan bosan yang akan ia alami bahkan ketika ia baru duduk di bangku SD atau SMP.

  • Budgeting

Alasan diatas tentunya juga mempengaruhi faktor keuangan keluarga ya. Jika saya menunda sekolah Eegan hingga usia TK, maka kami bisa menggunakan waktu 2 tahun ini untuk menabung lebih banyak untuk penndidikanya dari jenjang TK ke SMA.

  • Stay at home mom

Sebagai ibu rumah tangga yang tinggal di rumah, saya rasa, homeschooling is the best option. Selain bisa sebagai media bonding dengan anak, semua alat dan perlengkapan homeschooling sebenarnya sangat mudah didapat, murah dan kreatif. Selanjutnya akan saya share ya semua perlengkapan dan aktvitas apa saja yang kami akan lakukan selama homeschooling di kategori homeschooling dalam blog ini.

Advertisements

One thought on “KENAPA HOMESCHOOL UNTUK ANAK 2 TAHUN?

  1. Justisia Nita says:

    Yaa.. Kalau kecepetan sekolah ‘resminya anak akan cpet bosan. Kata bu Ely, kalau anak masuk sekolah pas umur 7 tahun, dy akan jenuh pas kelas 5. Tapi kalau masuk sekolahnya lebih dini, waktu jenuhnya gak tau bakal kapan munculnya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s