Ruangan Home Schooling

IMG_0325Sebelum memulai home schooling Eegan, saya menyiapkan suatu ruangan tersendiri yang di sulap menjadi kelas Eegan. Untuk menyiapkan kelas, tidak perlu ruangan ya moms sebenarnya. Jika di dalam rumah tidak ada ruangan kosong yang dapat digunakan, Moms juga bisa membuat sebuah pojok / corner menjadi sebuah kelas.

Beberapa kunci yang saya terapkan dalam menyiapkan ruangan kelas Eegan adalah :

  • Simple

Kelas home school itu sebaiknya sederhana dalam arti tidak terlalu banyak stimulan ya, Moms. Stimulan ini contohnya mainan, karena stimukan ini justru dapat mengalihkan perhatian anak.

  • Bersih

Bersih tentu penting banget, Moms. Ruangan yang kotor akan mempengaruhi kesehatan anak, misalnya diare, dsb. Terlebih anak akan banyak bergerak di area kelas. Moms bisa menyediakan juga Acquassimo Spray untuk anak setiap kali memulai dan mengakhiri kelas.

  • Nyaman

Kelas sebisa mungkin harus nyaman, tidak panas, tenang dan terang.

  • Menarik

Menarik tapi tidak terlalu mentereng agar konsentrasi anak tidak terganggu.

 

View this post on Instagram

Inilah ruangan kelas eegan ya moms 😂. Sebenernya masih agak jauh dari ekspektasi karena aslinya ini masih gabung sama beberapa barang ga kepake spt kasur yg diangkat didiriin – trs ada stroller eegan – gitar bapake – laci jaman bapake muda. Jadi dipojok2 masih ada beberapa barang yang bukan utk kelas. Cuma gapapa, tetep happy bisa ada ruangan tersendiri. Jadi ini kamar tamu slash tempat simpen barang2 yang diubah jadi kelas eegan 😂. . . . Ruangan #homeschool itu sejatinya sebisa mungkin simple, ga banyak mainan biar anak ga gampang teralih. Ni ada gitar aja udah bisa mengalihkan eegan 🤣. Didalam ruangan ini sy siapin : 📍Karpet Evamat. Nah ini bbrp orang bilang bahaya, tapi sy liat ttp banyak dipake si ya dan krn ini cuma utk kelas jd i think masih oke. Apalagi anaknya uda ga yang masuk2in tangan ke mulut. Tiap pulang sekolah, tangannya pasti dibersihin 📍Buku2. Buku2 yang sy bawa ke kelas itu yang bener2 utk belajar. Jadi yang bersifat ABC, 123, Shapes, Activity books. Buku cerita ditaruh dikamar 📍Mainan yang dibawa cuma puzzle2 n blocks 📍Papan Tulis 📍Meja & Kursi belajar. Nah ini byk yg tanya, sy uda story ya beli dimana. Yg blm liat bs tny dikomen. Utk eegan skarang blm pake ini utk belajar karena masih agak tinggi, jadi masih pake meja kecil lipat duduk dikarpet. Tapi kepake utk eegan gantung tas sekolah, taruh minuman sama jadi meja sy alias gurunya haha 📍Semua keperluan belajar spt gunting, lem, pensil, pernak pernik craft, kertas, worksheets, dll. . 📍Dekor, sy belum banyak dekor tapi rencana si tetep simple2 gini aja. Yang uda dipasang baru pager2an flanel beli di Mr DIY 📍Rak. Ini pake rak bekas rak TV yang ga dipake di atas jadi diturunin buat taruh buku. . 📍Tong sampah & Tempat tissue basah n kering . . Eegan homeschool itu 3x seminggu, nah di hari dia ga school, sy siapin dl apa aja yang mau dikerjain besok – di taruh di To Do Corner dimeja. Jadi besok pas mulai, langsung ambil disana mau ngapain aja. Karena ngajarin eegan itu ga bisa bertele-tele, anaknya super ga mau lamban2 😂. Uda selese 1, kalo bisa langsung gercep ganti sblm dia ga fokus lagi. . . #homeschoolingeegan #homeschoolroom

A post shared by Marlisa Abigail Then (@marlisathen) on

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s