INFEKSI TELINGA ANAK, APA DAN BAGAIMANA

Untitled2 hari lalu, kami di kagetkan dengan beberapa gejala Infeksi Telinga yang eegan alami. Setelah melihatnya kesakitan dan tidak mau makan, akhirnya kami putuskan untuk membawanya ke Rumah Sakit bagian THT. Siapa sangka, dari gejala bapil (batuk pilek) biasa, ternyata eegan mengalami yang namanya Infeksi Telinga. Sebelum saya menceritakan pengalaman eegan mengalami infeksi telinga, saya coba sharingkan dulu informasi-informasi terkait Infeksi Telinga ya, Moms.

INFEKSI TELINGA

Infeksi telinga ini banyak di alami oleh anak-anak khususnya di usia 3 tahun kebawah. Dimana saluran penghubung antara telinga, hidung dan mulut menyatu. Sedangkan pada anak, saluran tersebut masih pendek, sehingga kuman dan bakteri dari hidung dan tenggorokan saat anak bapil sangat mudah untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi. Penyebab yang paling sering di alami anak adalah :

  • Bapil kelamaan

Saat anak bapil terlalu lama, lebih dari 2 minggu, bakteri yang ada di hidung dan tenggorokan anak mudah masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi telinga. Untuk itu jangan pernah anggap remeh bapil anak ya, Moms. Segera atasi dan tuntaskan. Jangan tunda walaupun anak sudah terlihat baikan.

  • Lendir yang terlalu banyak saat bapil

Kuman (bakteri dan virus) yang masuk ke telinga anak bisa berasal dari lendir yang ada di hidung dan tenggorokan anak.

Gejalanya bisa berupa :

  • Anak mengeluhkan sakit di telinga (atau sering memegang telinga / memukul kepala jika anak belum bisa mengeluh)
  • Menjadi sangat rewel dan sering menangis susah ditenangkan
  • Tidak nafsu makan (bisa terjadi muntah)
  • Demam dan lemas
  • Keluarnya cairan nanah dari telinga anak

_______

Okay, masuk ke pengalaman eegan yah. Jadi kira-kira 3 malam lalu, saya mulai perhatikan Eegan suka memegang telinganya, namun dia tidak terlihat kesakitan sehingga saya berfikir telinganya gatal akibat rambut yang sudah kepanjangan dan masuk ke telinga. Namun, saat makan malam tiba dan seperti biasa saya menyuapinya, eegan tidak biasanya menolak makan mentah-mentah sambil menangis tidak mau makan. Saat itu dia menangis dan saya tanya mana yang sakit, dia tunjuk telinga kanannya. Saya pastikan kembali dan bertanya “telinganya sakit?” dan dijawab iya.

Jadi saat itu, saya putuskan stop makan. Dan akhirnya dia minta susu lalu mencoba tidur. Saat minum susu dan mencoba tidur, eegan terlihat menangis2 sambil memegang telinga kanannya. Setelah tidur akibat kelelahan menangis, ga terlalu lama, dia bangun kembali sekitar jam 10 malam dan menangis kembali memegang telinganya. Setelah di coba tenangkan, akhirnya eegan tidur kembali. Namun malam itu pun eegan sangat susah untuk tidur dan akhirnya subuh saat saya pegang badannya, badan eegan panas. Saya langsung cek termometer dan ternyata dia demam (37.6 C). Walaupun suhu ini masih biasa, namun badan eegan sangat panas ketika dipegang. Kami pun menunggu pagi untuk membawanya ke RS.

Pagi hari saat eegan bangun, saya langsung berikan Tempra setelah ia sarapan sereal. Lalu tak lama panas pun turun, dan eegan ga lagi menangis kesakitan. Namun, saya tetap komit untuk membawanya ke RS untuk diperiksa. Pagi itu, kita coba ke dokter. Dan karena saya sudah curiga bahwa Eegan terkena Infeksi Telinga lalu kami sudah coba konsul ke dsa eegan by whatssapp – kami pun membawanya ke dokter THT langsung.

Pemeriksaan di THT : (dr. Shirley – RS Grha Kedoya)

  • Di cek telinga, hidung dan mulut eegan dengan alat cek telinga
  • Setelah di cek, hasilnya adalah kedua telinga eegan udah merah dan bengkak (namun belum ada cairan didalamnya).
  • Dicurigai karena bapil yang kelamaan. Jadi kondisi eegan bapil on off 2 minggu, dimana terakhir bapil eegan sudah seperti sisa-sisa yang saya fikir biarkan dia sembuh sendiri karena terlihat sudah mau sembuh. Namun ternyata, walaupun sisa-sisa, hal ini beresiko menyebabkan infeksi telinga.

Penanganan :

  • Eegan diresepkan obat puyer Antibiotik dan puyer Bapil sekaligus dari dokter THT. Jadi jika moms sudah curiga anak mengalami infeksi telinga, bisa langsung dibawah ke THT tanpa harus ke dsa dulu ya. karena obat bapil juga biasanya diberikan oleh dokter THT.
  • Obat dihabiskan dalam seminggu dan nanti setelah obat habis, dikontrol kembali apakah telinganya sudah normal atau belum
  • Obat yang diresepkan :
    • Puyer Antibiotik (racikan)
    • Puyer Bapil (racikan)
    • Tempra (jika anak kesakitan, bisa dijadikan anti nyeri)
    • Sirplus (ini untuk pemanis puyer agar anak mau minum obat – bisa dibeli di apotik)

Setelah 1 hari minum puyer, kondisi eegan sudah sangat jauh membaik ya moms. Sudah normal seperti biasa, tidak lagi nangis kesakitan atau demam. Namun, antibiotik tetap harus dihabiskan ya agar tidak membahayakan imun anak.

Untuk sharing yang lengkap dan bagaimana reaksi eegan saat sakit, bisa klik postingan instagram di bawah ini yah :

View this post on Instagram

(Part 1) sharing super lengkap bisa cek highlight Infeksi Telinga ya. . . Sy mau share dikit tentang infeksi telinga yang kemaren eegan alami ya moms. Sebelumnya sy coba share dulu apa itu infeksi telinga. . . Jadi infeksi telinga ini sering banget terjadi pada anak usia dibawah 3 th. Karena saluran telinga – hidung dan mulut itu kan saling bersambungan, sementara salurannya di anak2 itu masih pendek, jadi sangat mudah utk bakteri dan virus dari hidung / tenggorokan masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi. Nah bakteri dan virus yang paling sering membuat infeksi ini datangnya dari bapil anak! . . Jadi banyakan kasus infeksi telinga ini disebabkan karena : 📍Bapil yg terlalu lama di alami anak 📍Lendir yg terlalu banyak / numpuk saat bapil . . Efek infeksi telinga ini adalah bengkak dan merahnya (meradang) gendang telinga / bagian dlm telinga. Dan ini menimbulkan rasa sakit yg biasanya sakit banget ya moms. Dan jika tidak di atasi segera, maka akan timbul cairan nanah didalam telinga yang akhirnya membuat telinga mengeluarkan nanah (congekan) dan berkurangnya pendengaran. . . Kalo kasus eegan disebabkan oleh bapil yg kelamaan, bukan berarti sy ga treat bapilnya ya. Tapi bapilnya tu on off dan terakhir uda oke banget kyk tinggal sisa2. Ingus juga tggal kerak2, cuma emank pas tidur masi ada grok2 tapi ga mampet ga apa. Bener2 sy pikir oh uda mau sembuh ya uda biarin sembuh sendiri. Nah ternyata ini salah ya, bapil itu harus sembuh tuntas dan jangan dilama2in krn beresiko infeksi telinga bahkan paru (pneumonia). . . Next post sy share gejala umum dan yang dialami eegan yah. #eeganmedicalkit #sharingmamikeeganbaby

A post shared by Marlisa Abigail Tenggara (@marlisathen) on

View this post on Instagram

(Part 2) utk sharing super lengkap cek highlight infeksi telinga ya. . . Gejala umum infeksi telinga : 📍Rewel, menangis terus 📍Mengeluh sakit di telinga / terlihat suka memegang telinga / memukul area telinga or kepala 📍Muntah, tidak nafsu makan 📍Demam, lemaa 📍Susah tidur dan tidak bisa tidur nyenyak . . Nah di eegan, terjadi 2 malam lalu. Diawali dari eegan suka kyk mau korek telinganya, cuma saat itu sy pikir jambangnya kepanjangan jadi membuatnya gatel. Malemnya saat makan malam, eegan nangis ga mau makan sama sekali. Disini sy mulai rasa ga beres, karena ga biasanya dia ga mau makan sama sekali. Sy mulai tanya eegan sakit? Sakit dimana? Nah ditengah2 dia nangis sy tny terus sy liat dia pegang telinga kanan terus. Akhirnya sy tny lg dia tunjuk telinganya, sy pastikan lagi "kupingnya sakit?", eegan jawab iya. Ya uda disana, dia ga makan dan minta susu. Sy buatkan susu dan swipe videonya keliatan ya dia kesakitan sambil pegang telinga. . . Nah, krn sy masih belum pasti ini antara infeksi / kemasukan serangga, sy cb tunggu sambil wa dsa eegan (jd sy suka video or foto eegan kalo sakit itu buat kasih liat dsanya bukan buat IG semata ya). Liat eegan bisa tidur ga, kalo bisa, besok mau qt bawa ke RS. Kalo kesakitan trs, mau dibawa ke UGD. Ternyata dia tidur. Tapi ga lama, jm10an bgn nangis2 lg, susu, tidur lagi. Subuh bgn2 ga nangis cuma ga bs tidur, melek terus n mnta susu trs plus tiba2 sy pegang badannya, panas. Sy cek termo suhunya 37.6 C. Masih normal for some tp ini badannya dipegang panas banget. Sy lgsg curiga, ini infeksi. Nah, pagi2 wa sy dibales dsanya, cb bawa ke THT. Sblm ke dokter pagi, sy kasi Tempra dl dan ga lama panasnya turun. Eegan seems ok, ga nangis lagi, ga pegang kuping lagi. Tp sy komit tetep bawa cek drpd nyesel wlpn anaknya uda keliatan okean. . . Next sy share penanganan di dokternya ya. #eeganmedicalkit #sharingmamikeeganbaby

A post shared by Marlisa Abigail Tenggara (@marlisathen) on

View this post on Instagram

(Part 3) sharing lengkap bs cek highlight Infeksi Telinga ya. . . Nah jadi terakhir kita tetap putuskan utk bawa eegan kedokter walaupun looks mendingan dan puji Tuhan kita tetep bawa ya moms karena hasilnya iya kedua telinganya uda bengkak n merah terutama yg kanan. Kita bawa ke THT, dr Shierly (RS Grha Kedoya) atas referensi dsa eegan, dr Vimala. . . 📍Pemeriksaan Jadi kuping eegan diperiksa dengan alat pembesar gt, trus cek lg idung dan mulutnya. Semuanya ga sakit ya cuma diliat aja dalemnya. Dan hasilnya, kedua telinga dalam merah dan bengkak tapi belum ada cairan. Lendir sedikit, dan ga ada radang tenggorokan. . . 📍Penanganan Diberikan puyer antibiotik dan puyer utk bapilnya, semua racikan yang diminum selama seminggu. Nah minggu depan, kontrol lagi utk cek telinganya uda normal / belum. . . 📍Obat Puyer (racikan) Tempra (anti nyeri, bisa dikasi kalo anaknya kesakitan) Sirplus (ini pemanis utk puyer, krn puyer itu pahit bgt ya 😅, even pake sirplus aja juga masih pahit cuma better) . . 📍Pantangan – ga boleh berenang dulu – ga boleh minum dingin / es dulu . . 📍Kalo moms curiga infeksi telinga bs langsung ke dok THT ya moms. Jadi obat bapilnya uda sekalian diresepin di dok THT. Kecuali belum pasti, bisa coba ke dsa dl biasa dicek dan kalo diliat uda merah banget maka akan di refer ke THT. Apagi kalo uda demam, biasa harus pake antibiotik. 📍Segera atasi jangan anggap remeh ya moms. Karena kalo makin parah, maka telinga akan segera bernanah dan akhirnya keluar cairan dari telinga anak. Plus rasa nyerinya akan makin terasa dengan demam yang bisa naik makin tinggi. 📍Jangan anggap remeh bapil. Segera atasi tuntas dan jangan berlama2, karena bakteri bapil itu beresiko menyebabkan infeksi telinga dan bahkan paru (pneumonia). . . #eeganmedicalkit #sharingmamikeeganbaby

A post shared by Marlisa Abigail Tenggara (@marlisathen) on

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s