REVIEW BREASTPUMP BISTOS

16Semua review Breastpump akan saya masukkan dalam category Product Review ya, Moms. Kali ini saya akan review salah satu brand baru di dunia breastpump yaitu Bistos. Brand ini berasal dari Korea. Awal saya terima produk ini, jujur saya agak pesimis ya karena faktor brand ini cenderung baru dan belum “punya nama”, but surprisingly, ini breastpump yang nolong saya saat momen grenjelan dan membatu tiba.

Berbicara soal pemilihan breastpump, itu cocok-cocokan ya. Brand A cocok di A belum tentu cocok di B, demikian sebaliknya. Nah perlu dipahami, cocoknya itu dalam hal apa? Setelah saya mencoba 5 brand breastpumps, saya baru tau ternyata maksudnya cocok-cocokan itu adalah cocok atau ga sama tarikannya. Jadi ada breastpump yang tarikannya kencang, ada yang lembut. Jika moms cocoknya dengan tarikan kencang, sekali ketemu dengan tarikan lembut, Payudara ga akan kosong, jadi abis pump kayak  belum pump, payudara masih kencang – batu – grenjel – ga kosong. Nah, akibat payudara yang ga kosong terus-menerus, maka produksi asi akan menurun. Sebaliknya jika moms cocoknya dengan yang lembut ketemu yang kencang, jadinya terlalu sakit sampai berdarah. Walaupun perlu diingat, sebagai ibu baru, kenalan sama breastpump otomatis akan ada adaptasi dalam arti rasa sakit pada awalnya.

What i love about Bistos :

  • Dual pump. Saya kalau cari BP selalu yang dual pump biar sekaligus dan ga makan waktu, jadi dalam 15 menit kelar 2 payudara.
  • Closed System. Jadi aliran asi ga akan bisa masuk ke mesin dan ini penting biar mesin ga gampang eror dan rusak. Karena kalo rusak, payudara itu sangat cepat penuh ya jadi kalau ga ditangani cepet malah beresiko masitis.
  • Ada 2 tipe tarikan, yang bisa diatur, tarikan yang lebih lembu atau kencang. Saya pakau yang kencang ya. Dan bisa disave mode yang udah kita pilih jadi ga usa setting ulang setiap pompa.
  • Ada layar digital, jadi gampang untuk melihat sisa baterai, level dan mode yang sedang digunakan plus waktu pompa. Karena seriously males banget liat jam saat pompa dan suka lupa uda berapa lama pompanya apalagi pas jam pompa malam dan subuh.
  • Ada mode Memori, jadi BP nya bisa men-save proses pompa kita dan diingetin jadi next pompa, alurnya akan sama. Misal mode yang selalu kita pakai adalah 1 menit massage dan 14 menit expression, nah dia akan merekam ini jadi kita ga perlu klik klik lagi untuk ganti massage ke expression
  • Silent! Literally BP tersilent yang pernah saya coba. Jadi beneran ga berisik sama sekali, enak banget dipakai even tengah malem.
  • Sizenya cukup portable jadi masih sangat efisien dibawa-bawa
  • Sparepart seperti BP pada umumnya
  • Harga masih affordable, berkisar 1.5 juta (Update Juli 2019)
  • Udah sistem charging. Chargingnya sangat cepat dan baterai tahan lama. Jadi ga repot harus selalu colok listrik saat digunakan.

15

Pertimbangannya sebenernya masih umum dan hampir semua BP pertimbangannya ini yaitu valvenya. Pencucian valve harus hati-hati dan jangan disikat karena mudah sobek jika disikat. Dan Kalau udah longgar atau sobek biasanya tarikan berkurang dan harus ganti valve.

But overall, Bistos ini enak banget dipake, saya sendiri pakai ini setiap hari dan very recommended untuk moms yang cocok dengan tarikan kencang atau lembut.

For more details on my IGTV :

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s